Peramalan penjualan mobil di Indonesia menggunakan data runtun waktu dengan logika Ruey Chyn Tsaur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Churrohmah, Mifta (2020) Peramalan penjualan mobil di Indonesia menggunakan data runtun waktu dengan logika Ruey Chyn Tsaur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mifta Churrohmah_H72216035.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penjualan merupakan hal yang paling penting bagi sebuah perusahaan. Perusahaan yang sehat harusnya memiliki penjualan yang progresif setiap tahunnya. Apabila suatu perusahaan menjual produk melebihi apa yang sudah direncanakan dan sistem dapat terorganisir secara baik, diharapkan meningkatkan laba perusahaan. Transaksi penjualan mempunyai arti penting dalam suatu perusahaan. Peramalan dibutuhkan perusahaan untuk mengetahui rencana penjualan di periode selanjutnya. Peramalan dapat dilakukan dengan menggunakan logika ruey chyn tsaur. Logika ruey chyn tsaur ini digunakan untuk mengetahui peramalan penjualan mobil, kemudian dilakukan perhitungan nilai error dengan Mean Absolute Percentage Error (MAPE) untuk mengetahui keakuratan dari model predikisi yang telah dibuat. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penjualan mobil di Indonesia pada Mei 2020 dan Juni 2020 diperkirakan sebanyak 68890 dan 72085 unit mobil dengan nilai MAPE pada model sebesar 11,83% yang memenuhi kualifikasi baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Churrohmah, Miftamifta22rahma@gmail.comH72216035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFanani, Arisaris.fa@uinsby.ac.id arisfa@uinsby.ac.id2027018701
Subjects: Matematika
Teknologi
Keywords: Penjualan; Fuzzy; ruey chyn tsaur; Peramalan.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Mifta Churrohmah
Date Deposited: 17 Aug 2020 04:06
Last Modified: 17 Aug 2020 04:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42597

Actions (login required)

View Item View Item