Analisis dampak lingkungan dengan metode Life Cycle Assessment (ICA) terhadap koagulan aluminium sulfat dan Poly Aluminium Chloride (PAC) di Ipam Ngagel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuni, Vina Nirma (2020) Analisis dampak lingkungan dengan metode Life Cycle Assessment (ICA) terhadap koagulan aluminium sulfat dan Poly Aluminium Chloride (PAC) di Ipam Ngagel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vina Nirma Wahyuni_H05216022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Proses di Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) dapat menyebabkan 3 dampak besar ke lingkungan, yaitu dampak carcinogens, respiratory inorganics dan climate change. IPAM telah dikelompokkan sebagai satu dari beberapa fasilitas publik yang secara berangsur-angsur menghasilkan sebagian besar CO2 dengan konsumsi listrik dan bahan kimia dalam jumlah besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkuantifikasi dampak lingkungan dari skenario koagulan serta menentukan skenario koagulan terbaik dengan dampak lingkungan terkecil di IPAM Ngagel dengan Life Cycle Assessment (LCA). Metode penelitian ini dengan metode deskriptif kualitatif menggunakan metode LCA dengan tahapan Scope and Goal Definition, Life Cycle Inventory (LCI), Life Cycle Impact Assessment (LCIA), dan Interpretation. Scope penelitian ini menggunakan variasi koagulan Alumunium Sulfat sebagai koagulan eksisting dan Poly Alumunium Chloride sebagai koagulan alternatif. Data yang diinput pada LCI adalah data input-ouput air, bahan kimia dan konsumsi listrik. Hasil dari LCIA dari software SimaPro menghasilkan nilai network, characterization, normalization dan single score. Nilai dampak dari Skenario 1, yaitu dampak carcinogens memiliki nilai dampak 3.59 DALY, dampak respiratory inorganics memiliki nilai dampak 8.01 DALY, sedangkan dampak climate change memiliki nilai dampak sebesar 2.17 DALY. Sedangkan nilai dampak dari skenario 2, yaitu dampak carcinogens memiliki nilai dampak 6.57 DALY, dampak respiratory inorganics memiliki nilai dampak 11.1 DALY, sedangkan dampak climate change memiliki nilai dampak sebesar 2.77 DALY. Dari hasil penelitian ini didapatkan skenario koagulan terbaik dengan dampak lingkungan terkecil pada IPAM Ngagel Surabaya adalah skenario koagulan dengan Aluminium Sulfat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuni, Vina Nirmavinanirmawahyuni@gmail.comH05216022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyowati, Diah Nugraheninugraheni_diah@yahoo.com198205012014032001
Thesis advisorAuvaria, Shinfi Waznashinfiwaznaauvaria@gmail.com2028038601
Subjects: Teknik Lingkungan
Keywords: LCA; dampak lingkungan; koagulan; Aluminium sulfat; Poly Aluminium Chloride (PAC).
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Vina Nirma Wahyuni
Date Deposited: 16 Aug 2020 22:17
Last Modified: 16 Aug 2020 22:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42599

Actions (login required)

View Item View Item