Pemanfaatan limbah kulit Singkong sebagai adsorban alami untuk mengurangi kadar besi (fe) dalam air limbah dengan sistem batch

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Diah Eloka (2020) Pemanfaatan limbah kulit Singkong sebagai adsorban alami untuk mengurangi kadar besi (fe) dalam air limbah dengan sistem batch. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel SUrabaya.

[img] Text
Diah Eloka Sari_H05216010.pdf

Download (2MB)

Abstract

Logam besi (Fe2+) merupakan jenis logam berat yang ada pada air limbah. Teknologi yang bisa digunakan untuk menyisihkan logam besi (Fe2+) adalah teknologi adsorpsi. Mekanisme kerja dari proses adsorpsi ini adalah logam berat yang ada pada air limbah diserap oleh adsorban di permukaannya. Pembuatan adosrban bisa menggunakan bahan baku dari limbah kulit singkong, karena kulit singkong memiliki gugus –OH, -NH2, -SH, dan –CN yang dapat mengikat logam. Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan adsorban kulit singkong untuk menyerap logam besi dengan sistem batch, dan mengetahui optimasi pada beberapa variasi massa adsorban, waktu kontak, serta aktivasi. Metode penelitian ini meliputi tahap preparasi adsorban, optimasi proses adsorpsi, dan pengujian kadar besi setelah proses adsorpsi. Hasil percobaan diperoleh efisiensi kemampuan adsorban non aktivasi untuk menyerap logam besi sebesar 29,38-54,66%. Sedangkan pada adsorban aktivasi tidak terjadi penyerapan logam besi, karena air hasil rendaman adsorban dengan aktivator NaOH terdapat kadar logam besi sebesar 4,2 mg/l, sehingga hasil konsentrasi besi setelah adsorpsi melebihi konsentrasi awal. Massa adsorban 5 gram dengan waktu kontak 90 menit mempunyai efisiensi penyerapan logam besi paling tinggi, dengan efisiensi yang didapatkan sebesar 54,66%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Diah Elokadiaheloka@gmail.comH05216010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Abdulabdul.hakim@uinsby.ac.id2006088001
Thesis advisorAmrullah, Amrullahaamrullahaziz@gmail.com2003097303
Subjects: Teknik Lingkungan
Keywords: Adsorpsi; Kulit Singkong; Besi; Aktivasi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Diah Eloka Sari
Date Deposited: 17 Aug 2020 01:52
Last Modified: 17 Aug 2020 01:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42600

Actions (login required)

View Item View Item