Peran GP Ansor dalam penumpasan PKI di Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri tahun 1965

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muftaza, Isna Zakiya Nurul (2020) Peran GP Ansor dalam penumpasan PKI di Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri tahun 1965. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Isna Zakiya Nurul Muftaza_A92216127.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini disusun menggunakan metode penelitian sejarah yaitu : Heuristik (pengumpulan sumber), verifikasi (kritik sumber), Interpretasi (penafsiran sumber), dan historiografi (penulisan sejarah). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Sosiologi dan menggunakan teori peran. Menurut Soejono Soekanto, peran merupakan aspek dinamis kedudukan (status). Seseorang dikatakan menjalankan suatu peran apabila ia melaksankan hak dan kewajibannya sesuai dengan kedudukannya. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1) PAC GP Ansor Plemahan berdiri sekitar tahun 1960-an. Setelah peristiwa penumpasan PKI pada tahun 1965 GP Ansor Plemahan sempat mengalami kefakuman namun pada sekitar tahun 1973 GP Ansor Plemahan mulai aktif kembali sampai sekarang. 2) Gerakan-gerakan PKI di Kecamatan Plemahan yang paling menonjol adalah gerakan aksi sepihak. Selain melakukan gerakan aksi sepihak PKI juga berusaha menyebarkan faham-faham komunisme melalui kesenian ludruk di Kecamatan Plemahan. 3) peran GP Ansor dalam penumpasan PKI adalah melakukan apel penumpasan dan operasi-operasi di setiap desa untuk menangkap anggota PKI, serta menjaga keamanan lingkungan sekitar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muftaza, Isna Zakiya Nurulmuftaza.isna@gmail.comA92216127
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Abdulabdulazizmedan@yahoo.com2003015501
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Keywords: GP Ansor; PKI; Penumpasan.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Isna Muftaza
Date Deposited: 17 Aug 2020 11:58
Last Modified: 17 Aug 2020 11:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42601

Actions (login required)

View Item View Item