Penerapan aspek perkembangan nilai agama dan moral pada pembelajaran anak usia dini usia 4-5 tahun di TK Muslimat Wonocolo dalam masa pandemi Corona

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alvin, Kamilatuz Zahroh (2020) Penerapan aspek perkembangan nilai agama dan moral pada pembelajaran anak usia dini usia 4-5 tahun di TK Muslimat Wonocolo dalam masa pandemi Corona. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kamilatuz Zahroh Alvin_D98216036.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena pembelajaran pada masa pandemi dilakukan di rumah (psychal distancing), tanpa adanya tatap muka dan untuk mencegah penyebaran rantai virus corona. Proses pembelajaran yang dilakukan secara daring/ online diharapkan mampu menjadikan pembelajaran yang menarik, efisien, dan mudah dilakukan oleh peserta didik yang memiliki lebih banyak waktu untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana penerapan aspek perkembangan nilai agama dan moral pada pembelajaran anak usia dini usia 4-5 tahun di TK MUSLIMAT Wonocolo dalam masa pandemi corona dan (2) apa daja faktor pendukung dan penghambat dari penerapan aspek perkembangan nilai agama dan moral pada pembelajaran anak usia dini usia 4-5 tahun di TK MUSLIMAT Wonocolo dalam masa pandemi corona. Penelitian tersebut menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul proses yang selanjutnya adalah proses analisis data yaitu dengan munggunakan teknik pengumpulan data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan aspek perkembangan nilai agama dan moral pada pembelajaran anak usia dini usia 4-5 tahun di TK MUSLIMAT Wonocolo dam masa pandemi corona yaitu cukup baik karena menggunakan model pembelajaran klasikal. Menggunakan metode pembelajaran bercerita, bercakap-cakap, pemberian tugas, demonstrasi, dan unjuk kerja. Media yang digunakan yaitu lembar kerja dan pemberian tugas melalui buku tulis, media yang lain digunakan orang tua yaitu melalui audio visual yang berasal dari smartphone dan televisi. Ada beberapa faktor yang menghambat yaitu ada sebagian orang tua yang menginginkan untuk libur dan ada yang sulit dihubungi dan memilih untuk pulang ke kampung halaman dikarenakan ada beberapa murid pendatang yang berasal dari luar kota Surabaya. Sedangkan faktor yang mendukung yaitu komunikasi yang baik yang terjalin antara guru dan orang tua yang dapat diajak kerjasama. Selain itu kegiatan pembelajaran yang diterapkan menggunakan model, metode, dan media yang sesuai dengan keadaan lingkungan dan keadaan anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alvin, Kamilatuz Zahrohalviniazahrah49@gmail.comD98216036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Sultonroyroy8316@ymail.com2073091001
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Subjects: Agama
Anak
Pendidikan Islam
Keywords: Aspek Perkemangan Nilai Agama dan Moral; Kegiatan Pembelajaran Anak Usia 4-5 Tahun Masa Pandemi Corona.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Kamilatuz Zahroh Alvin Alvin
Date Deposited: 16 Aug 2020 05:34
Last Modified: 16 Aug 2020 05:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42611

Actions (login required)

View Item View Item