Iram dalam AlQuran: studi penafsiran QS. al-Fajr{89}:6-8

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Badriyah, Lailatul (2020) Iram dalam AlQuran: studi penafsiran QS. al-Fajr{89}:6-8. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Badriyah_ E93216119.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penafsiran Alquran dilakukan untuk memahami maksud dan pesan yang ingin disampaikan oleh Allah kepada manusia. Penafsiran iram dalam Alquran surat al-Fajr ayat 6-8 memiliki berbagai arti. Dalam penelitian ini akan mengungkapkan sejauh mana para mufassir klasik hingga kontemporer menafsirkan tentang iram. Penafsiran tentang iram dalam penelitian ini difokuskan dalam kitab tafsir al-Kabir al-Musammā mafātih al-Gaib karya Fakhruddin al-Rāzi, kitab Lubab al-Ta’wil fi Ma’ani al-Tanzil karya al-Khazin dan kitab al- tafsir al-Tahrir wa al-Tanwir karya Ibnu ‘Asyur. Jenis Penelitian ini adalah library research (penelitian kepustakaan). Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif-analitis. Teori ulum al-Qur’an yang digunakan adalah teori muna>sabah ayat dan kisah Alquran. Permasalahan yang muncul yakni bagaimana penafsiran iram menurut para mufassir, dalam hal ini merujuk pada penafsiran al-Razi, al-Khazin dan Ibnu ‘Asyur. Kemudian bagaimana analisa teori Qas}as dan Munasabah dalam membedah penafsiran tentang iram. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penafsiran iram menurut para mufassir diantaranya al-Razi, al-Khazin dan Ibnu ‘Asyur, memaparkan bagaimana teori Qasas}dan Munasabah dalam membedah kisah tentang iram. Data yang ditemukan dalam penelitian ini yakni penafsiran tentang Iram memiliki arti nama kabilah, nama nenek moyang kaum ‘Ad, dan nama kota yang dihuni oleh kaum ‘Ad, letaknya pun berbeda-beda, ada pendapat yang mengatakan letaknya di antara Oman hingga Hadhramaut,Yaman; di Iskandaria dekat Damaskus; di Mesir; di Syam. Kemudian dalam menafsirkan tentang Iram, para mufassir tersebut menggunakan teori Munasabah dengan memunculkan beberapa hubungan surah dalam surah lain tentang penjelasan Kaum ‘Ad, namun untuk teori Qas}as hanya al-Khazin yang menerapkan teori ini, namun dalam penafsirannya tidak ada pengungkapan ibrah (pelajaran) yang bisa diambil dari kisah tentang Iram.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Badriyah, Lailatullaila.bdry@gmail.comE93216119
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyarief, Muhammad-2010105601
Thesis advisorYardho, Mohammadmyardho@gmail.com2110068501
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Iram; Alquran.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Lailatul Badriyah
Date Deposited: 19 Aug 2020 14:15
Last Modified: 19 Aug 2020 14:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42621

Actions (login required)

View Item View Item