Analisis data titik api dan curah hujan wilayah pulau Sumatra menggunakan metode Combined Empirical Orthogonal Function (CEOF) berbasis Singular Value Decompisition (SVD)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Riqmawatin, Siti Ria (2020) Analisis data titik api dan curah hujan wilayah pulau Sumatra menggunakan metode Combined Empirical Orthogonal Function (CEOF) berbasis Singular Value Decompisition (SVD). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Ria Riqmawatin_H02216016.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kegiatan manusia di dalam hutan yang memicu timbulnya api menjadi penyebab utama terjadinya kebakaran hutan dan lahan gambut di Pulau Sumatra. Kejadian kebakaran hutan dan lahan gambut tersebut seringkali terjadi pada musim kemarau ketika lahan gambut kering dan jumlah titik api meningkat akibat curah hujan yang rendah. Banyaknya kejadian kebakaran hutan dan lahan dapat dilakukan penanggulangan dalam meminimalisir dampak yang ditimbulkan dengan menganalisa data titik api dan curah hujan menggunakan metode Combined Empirical Orthogonal Function (CEOF) berbasis Singular Value Decomposition (SVD). Analisa data tersebut dilakukan secara spasial dan temporal dengan menggunakan tiga pendekatan yaitu tanpa standarisasi, standarisasi detrend, dan standarisasi z-score. Berdasarkan hasil analisa data yang dilakukan, diperoleh mode-mode dominan dari gabungan data titik api dan curah hujan. Mode-mode dominan tersebut dapat menggambarkan kejadian titik api tertinggi dan curah hujan yang rendah di Provinsi Riau, Sumatra Selatan, dan Jambi pada bulan Oktober tahun 2015. Selain itu, hasil analisa data menunjukkan bahwa dari tiga pendekatan yang digunakan diperoleh hasil bahwa pendekatan dengan data awal atau tanpa standarisasi lebih baik dari dua pendekatan lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Riqmawatin, Siti Riariariqma22@gmail.comH02216016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id2011118102
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Keywords: Titik api dan curah hujan; Pulau Sumatra; Metode Combined Empirical Orthogonal Function (CEOF)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Siti Ria Riqmawatin
Date Deposited: 17 Aug 2020 04:41
Last Modified: 17 Aug 2020 04:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42632

Actions (login required)

View Item View Item