Perencanaan instalasi pengolahan air limbah domestik dengan kombinasi unit biofilter aerobik dan adsorpsi karbon aktif di kantor pusat PT. Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pinanggih, Ridlo Barkah Jembar (2020) Perencanaan instalasi pengolahan air limbah domestik dengan kombinasi unit biofilter aerobik dan adsorpsi karbon aktif di kantor pusat PT. Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ridlo Barkah Jembar Pinanggih_H75216067.pdf

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan air limbah di Indonesia merupakan isu pencemaran lingkungan yang strategis dalam pembangunan berkelanjutan, baik yang bersumber dari pemukiman penduduk maupun unit usaha perkantoran. Tingginya kandungan organik terlarut di dalam air limbah dapat menyebabkan penurunan intensitas masuknya cahaya matahari yang dibutuhkan oleh mikroorganisme fotosintetik dan berdampak pada penurunan kualitas badan air. Tujuan dari penelitian ini yaitu merencanakan pembangunan unit Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) domestik di Kantor Pusat PT. Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V Surabaya dengan menggunakan kombinasi unit biofilter aerobik dan adsorpsi karbon aktif beserta perhitungan volume bangunan dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang dibutuhkan. Teknologi pengolahan ini dipilih karena memiliki keunggulan dalam meremoval kadar pencemar organik dengan tingkat efisiensi yang tinggi dan kebutuhan lahan yang tidak terlalu luas. Metode penelitian menggunakan data sekunder yang diperoleh dari data perusahaan berupa debit pemakaian air bersih, layout kantor, data kualitas air limbah, serta informasi lain yang terkait dengan perencanaan. Hasil penelitian yang didapat berupa gambar desain (DED) unit IPAL, dimensi total bangunan pengolah seluas 34m2(P=17m dan L=2m), spesifikasi bahan yang digunakan, serta rencana anggaran biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan konstruksi unit IPAL yaitu sebesar Rp243.136.020,00. Perencanaan ini juga ditunjang dengan panduan dalam operasional dan perawatan unit IPAL.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pinanggih, Ridlo Barkah Jembarr.barkah.jp@gmail.comH75216067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurmaningsih, Dyah Ratridyahratrin@gmail.com2022038501
Thesis advisorNengse, Sulistiyasulistiya703@gmail.com201603320
Subjects: Estetika
Lingkungan Hidup
Teknik Lingkungan
Keywords: Air limbah; Biofilter aerobik; Adsorpsi karbon aktif
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: RIDLO RD BARKAH
Date Deposited: 17 Aug 2020 12:51
Last Modified: 17 Aug 2020 12:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42637

Actions (login required)

View Item View Item