Pengaruh kegiatan musyawarah keagamaan terhadap prestasi belajar PAI siswa SMK Nurul Hidayah Al Falah Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafiah, Azizatun (2020) Pengaruh kegiatan musyawarah keagamaan terhadap prestasi belajar PAI siswa SMK Nurul Hidayah Al Falah Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Azizatun Nafiah_D91216094.pdf

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan kegiatan musyawarah keagamaan di pondok pesantren Nurul Hidayah Al-Falah dan bagaimana prestasi belajar PAI siswa SMK Nurul Hidayah Al-Falah. Bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kegiatan musyawarah keagamaan terhadap prestasi belajar PAI siswa SMK Nurul Hidayah Al-Falah. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan mengumpulkan data menggunakan teknik observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang ditemukan di lapangan, mendapatkan hasil: Pertama, pelaksanaan kegiatan musyawarah keagamaan yang dilakukan di pondok pesantren Nurul Hidayah Al-Falah dilaksanakan dengan cukup baik, musyawirin terlibat aktif dalam kegiatan diskusi didalam forum. Kedua, prestasi belajar PAI siswa SMK Nurul Hidayah Al-Falah terbilang baik, dengan meningkatnya nilai dari PTS 1 ke- PAS 1. Ketiga, kegiatan musyawarah keagamaan memberikan pengaruh positif tehadap prestasi belajar PAI, hal ini karena materi yang dibahas didalam kegiatan musyawarah keagamaan sama dengan materi PAI disekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafiah, Azizatunazizatun1121@gmail.comD91216094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDamanhuri, Damanhuridamanhuri@mail.com2010045302
Thesis advisorAW, Liliek Channalilikchanna@gmail.com2018126701
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Musyawarah Keagamaan; Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azizatun Nafiah
Date Deposited: 18 Aug 2020 02:39
Last Modified: 18 Aug 2020 02:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42668

Actions (login required)

View Item View Item