Peningkatan motivasi belajar dan pemahaman tema 1 materi organ gerak manusia subtema 2 melalui strategi learning tournament pada siswa kelas V.3 MIN 4 Jombang.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Aula Da'watus (2020) Peningkatan motivasi belajar dan pemahaman tema 1 materi organ gerak manusia subtema 2 melalui strategi learning tournament pada siswa kelas V.3 MIN 4 Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aula Da'watus Sholihah_D97216098.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya motivasi belajar dan pemahaman siswa kelas V.3 MIN 4 Jombang pada mata pelajaran Tema 1 materi Organ Gerak Manusia Subtema 2. Berdasarkan pra siklus dari 34 anak hanya 16 anak yang tuntas dan 18 anak yang belum tuntas. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Mengetahui penggunaan strategi learning tournament untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman tema 1 materi organ gerak manusia subtema 2 pada siswa kelas V.3 MIN 4 Jombang. 2) Mengetahui peningkatan motivasi belajar dan pemahaman tema 1 materi organ gerak manusia subtema 2 setelah menggunakan strategi learning tournament bagi siswa kelas V.3 MIN 4 Jombang. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode PTK ini menggunakan model Kurt Lewin yang setiap siklusnya memiliki empat tahap meliputi perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), refleksi (reflection). Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas V.3 Madrasah Ibtida’iyah Negeri 4 Jombang terdiri dari 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan peneliti melalui observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan strategi learning tournament telah dilaksanakan dengan baik. hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus 1 yakni 75 meningkat pada siklus II menjadi 85. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus 1 yakni 73 meningkat pada siklus II menjadi 82. Hasil observasi motivasi belajar pada siklus 1 yakni 72 meningkat pada siklus II menjadi 84. Peningkatan motivasi belajar yaitu dengan melihat persentase angket motivasi belajar pada setiap siklusnya. Pada pra siklus persentase ketuntasan sebesar 44% meningkat pada siklus I persentase ketuntasan sebesar 59% dan pada siklus II meningkat menjadi 88%. Peningkatan pemahaman yaitu dengan melihat persentase hasil tes pemahaman pada setiap siklusnya. Pada pra siklus persentase ketuntasan sebesar 47% meningkat pada siklus I persentase ketuntasan sebesar 65% dan pada siklus II meningkat menjadi 79%. Siklus II sudah mencapai indikator kinerja ≥ 61% untuk motivasi belajar dan indikator kinerja pemahaman ≥ 76% sehingga penelitian ini dikatakan berhasil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, Aula Da'watusaulasufiyan9@gmail.comD97216098
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwe@rocketmail.com2015127201
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Motivasi belajar; Pemahaman; Organ Gerak Manusia; Learning Tournament.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aula Sholihah
Date Deposited: 17 Aug 2020 22:36
Last Modified: 17 Aug 2020 22:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42671

Actions (login required)

View Item View Item