This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rohabah, Rohabah (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN DALAM OPERASI HITUNG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SISWA KELAS IV MI.AL- BUKHORI SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menngetahui peningkatan kemampuan siswa dalam operasi hitung setelah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan ( action research) sebanyak 2 putaran. Setiap putaran, terdiri dari empat tahap, yaitu: rancangan, kegiatan, pengamatan, refleksi,dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al- Bukhori Surabaya. Data yang diperoleh berupa hasil hasil tes, lembar observasi, dan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan pembelajaran berbasis masalah dalam peningkatan kemampuan dalam operasi hitung siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al- Bukhori Surabaya? Dan Adakah peningkatan kemampuan dalam operasi hitung melalui model pembelajaran berbasis masalah?
Dari hasil analisis didapatkan bahwa kemampuan siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 64% dan siklus II sebesar 92%. Dengan demikian penelitian ini terdapat peningkatan kemampuan dalam operasi hitung siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al- Bukhori sebesar 28%.
Hendaknya guru dapat menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dalam pelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan dalam operasi htung siswa. Guru dapat merefleksi hasil pembelajaran dan mengadakan perbaikan pembelajaran yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi siswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Ali Mustofa | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Materi |
||||||
Keywords: | Operasi Hitung; Pembelajaran Berbasis Masalah | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 09 Feb 2015 03:49 | ||||||
Last Modified: | 09 Feb 2015 03:49 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/427 |
Actions (login required)
View Item |