Peningkatan pemahaman vocabulary materi living room mata pelajaran bahasa inggris menggunakan strategi Card Sort siswa kelas II-d SD Bahrul Ulum Putat Jaya Surabaya.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pangestika, Widya (2020) Peningkatan pemahaman vocabulary materi living room mata pelajaran bahasa inggris menggunakan strategi Card Sort siswa kelas II-d SD Bahrul Ulum Putat Jaya Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Widya Pangestika_D97216127.pdf

Download (807kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa pada pembelajaran bahasa Inggris materi Living Room kelas II-D SD Bahrul Ulum Surabaya. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara pada guru kelas menunjukkan bahwa guru dalam mengajar hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, tidak menggunakan media pembelajaran apapun sehingga proses pembelajaran cenderung monoton yang menyebabkan pemahaman siswa masih sangat rendah. Hal ini dilihat dari hasil nilai ulangan harian kelas II-D yang berjumlah 30 siswa hanya 3 siswa yang tuntas, sedangkan 27 siswa lainnya belum mencapai nilai tuntas. Strategi Card Sort ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui langkah-langkah kegiatan yang menarik, menyenangkan dan dapat membangkitkan antusiasme siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penerapan strategi card sort dalam meningkatkan pemahaman vocabulary bahasa Inggris materi living room pada siswa kelas II-D di SD Bahrul Ulum Putat Jaya Surabaya. 2) Mengetahui peningkatan pemahaman vocabulary Bahasa Inggris materi living room pada siswa kelas II-D menggunakan strategi card sort di SD Bahrul Ulum Putat Jaya Surabaya.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin. Subjek penelitian ini terdiri dari 30 siswa kelas II-D SD Bahrul Ulum Surabaya. dalam penelitian ini menggunakan dua siklus (siklus I dan siklus II) yang meliputi empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi, tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan strategi card sort telah berhasil dilaksanakan dengan baik. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 76,6 (cukup) dan pada siklus II meningkat dengan nilai 93,3 (sangat baik) sedangkan hasil dari observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai 71,6 (cukup) dan pada siklus II menjadi meningkat dengan nilai 95 (sangat baik) 2) Peningkatan pemahaman siswa setelah melakukan pembelajaran menggunakan strategi card sort mengalami perkambangan cukup baik. Hasil persentase pemahaman siswa pada pra siklus adalah 10% (sangat kurang), kemudian siklus I meningkat menjadi 60% (kurang) dan siklus II semakin meningkat menjadi 86,66% (sangat baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pangestika, Widyawidyapangestu21@gmail.comD97216127
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.com2073091001
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Bahasa Inggris
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pemahaman; Vocabulary; Strategi Card Sort.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Widya Pangestika
Date Deposited: 18 Aug 2020 00:19
Last Modified: 18 Aug 2020 00:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42708

Actions (login required)

View Item View Item