Korelasi antara korean POP Culture dengan karakter siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maisharoh, Putri (2020) Korelasi antara korean POP Culture dengan karakter siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Maisharoh_D91216072.pdf

Download (2MB)

Abstract

Karakter adalah sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lainnya. Dampak dari globalisasi yang terjadi saat ini telah membawa masyarakat Indonesia terlupa akan pembentukan karakter bangsa. Masuknya budaya asing ke Indonesia sedikit banyak telah memberikan dampak bagi kita semua, tidak terkecuali kaum anak-anak, remaja ataupun dewasa. Pengaruh budaya asing terhadap peserta didik dapat merusak persatuan dan kesatuan suatu bangsa. Tidak hanya itu, adanya budaya asing yang masuk melekat pada diri peserta didik bisa saja berdampak pada pendidikannya. Salah satu kemunculan budaya asing yang ada di Indonesia yaitu adanya fenomena Korean Pop Culture atau yang terkadang disebut juga dengan Korean Wave. Korean Pop Culture atau budaya populer Korea yang merupakan budaya asal Korea Selatan. Budaya ini telah menarik simpati kalangan remaja di seluruh dunia. Sering kali para remaja terutama pelajar tingkat SMA/MA begitu terobsesi dengan hal-hal yang berbau Korea. Mereka begitu antusias dengan perkembangan dunia Korea. Kini demam Korea terjadi hampir di seluruh negara didunia salah satunya Indonesia. Indonesia yang merupakan Negara padat penduduk kini sedang dilanda demam Korea. Layaknya budaya barat yang berkembang di Indonesia, budaya demam korea juga pasti memberikan dampak positif dan dampak negatif bagi para remaja Indonesia. Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo merupakan sekolah berbasis Islam di Indoneisa yang tak luput dari pengaruh Korean Pop Culture. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode yang digunakan adalah metode korelasi dengan menggunakan teknik Stratified Propotional Random Sampling dan data yang diperoleh menggunakan angket dengan rumus product moment. Berdasarkan hasil yang diperoleh menyatakan bahwa adanya Korean Pop Culture tergolong “kecenderungan sedang” dan untuk total keseluruhan dari karakter siswanya, maka tergolong “sedang namun mendekati tinggi” terutama pada karakter aspek religiusnya tergolong tinggi. Antara keduanya terdapat korelasi antara Korean Pop Culture dengan karakter siswa sebesar 0,32. Maka dapat disimpulkan bahwa korelasi antara Korean Pop Culture dengan karakter siswa tergolong rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maisharoh, Putriputri.maisharoh25@gmail.comD91216072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Thesis advisorRubaidi, Rubaidiubeduinsby@gmail.com2010067101
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Korean Pop Culture; Karakter.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Maisharoh
Date Deposited: 18 Aug 2020 02:49
Last Modified: 10 Sep 2020 12:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42715

Actions (login required)

View Item View Item