Peningkatan hasil belajar Matematika materi volume kubus dan balok melalui pendekatan contextual teaching and learning pada siswa kelas V b MI Ma’arif Sidomukti Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilahiyah, Inayah Al (2020) Peningkatan hasil belajar Matematika materi volume kubus dan balok melalui pendekatan contextual teaching and learning pada siswa kelas V b MI Ma’arif Sidomukti Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Inayah Al Ilahiyah_D97216108.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penulisan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi volume kubus dan balok, hal inilah yang mendasari dilaksanakannya penelitian ini. Kurang tepat dalam menggunakan pendekatan yang digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran matematika, selain itu beberapa siswa yang ramai dan sulit dikondisikan pada saat pembelajaran dan masih menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit sehingga menjadi penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Berdasarkan data hasil ulangan materi volume kubus dan balok yaitu nilai rata-rata siswa yakni 59,83 dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa yakni 25,80% (kurang sekali). Oleh karena itu, peneliti menerapkan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Masalah dalam penelitian ini adalah; 1) Bagaimana penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran matematika materi volume kubus dan balok untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V B MI Ma’arif Sidomukti Gresik? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa materi volume kubus dan balok pada mata pelajaran matematika setelah penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning di kelas V B MI Ma’arif Sidomukti Gresik? Penelitian ini menggunakan model Kurt Lewin yang dilakukan selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dati 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di kelas V B MI Ma’arif Sidomukti Gresik yang terdiri dari 31 siswa (14 laki-laki dan 17 perempuan). Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara, hasil belajar siswa melalui tes (aspek kognitif ) dan nontes (aspek afektif dan psikomotorik) serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Penerapan CTL materi volume kubus dan balok dapat terlaksana dengan baik. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yakni 67,8 dan meningkat menjadi 84,8 pada siklus II. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yakni 67,3 dan meningkat menjadi 83,6 pada siklus II. 2) Peningkatan hasil belajar siswa materi volume kubus dan balok dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus yakni 25,80%, siklus I yakni 61,29% dan siklus II yakni 83,87%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilahiyah, Inayah Alinayah.uinsa@gmail.comD97216108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwe@rocketmail.com2015127201
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendekatan
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil belajar; Matematika; Materi volume kubus dan balok; Pendekatan contextual teaching and learning
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Inayah Al Ilahiyah
Date Deposited: 18 Aug 2020 11:43
Last Modified: 18 Aug 2020 11:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42744

Actions (login required)

View Item View Item