Peningkatan keterampilan menulis puisi mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode peta pikiran pada siswa kelas IV c MI At Taqwa Kebon Agung Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisak, Eva Zahrotun (2020) Peningkatan keterampilan menulis puisi mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode peta pikiran pada siswa kelas IV c MI At Taqwa Kebon Agung Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel surabaya.

[img] Text
Eva Zahrotun Nisak_D07216013.pdf

Download (3MB)

Abstract

Puisi merupakan keterampilan berbahasa yang sulit untuk siswa kelas IV C MI At taqwa Kebon Agung Sidoarjo, kesulitan yang dialami oleh siswa diantaranya adalah pemilihan diksi serta mengembangkan ide ke dalam bentuk kata yang indah sehingga menjadi puisi serta data yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil keterampilan menulis puisi dari 34 siswa hanya 13 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM sedangkan 21 anak memperoleh nilai di bawah KKM. Metode peta pikiran dilakukan dengan cara memberi kata kunci yang dikembangkan oleh siswa dapat dijadikan solusi untuk mengatasi rendahnya keterampilan menulis puisi. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Penerapan Metode Peta Pikiran Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Pelaksanaan Serta Puisi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia , 2) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV MI At Taqwa Kebon Agung Sidoarjo Setelah Penerapan Metode Peta Pikiran. Metode penelitian yang digunakan, yaitu Penelitian Tindakan Kelas Model Kurt Lewin. Adapun tahapan dalam penelitiain ini, antara lain: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas IV C MI At Taqwa Kebon Agung Sidoarjo yang terdiri dari 34 siswa. Tindakan yang dilakukan adalah penerapan metode peta pikiran untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas IV C MI At Taqwa Kebion Agung Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi, dokumentasi serta penilaian produk menulis puisi. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode peta pikiran untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV C MI At Taqwa Kebon Agung Sidoarjo adalah sebagai berikut: 1) penerapan metode peta pikiran mampu meningkatkan nilai aktivitas guru pada siklus I mendapat skor 89,7 (Sangat Baik) kemudian meningkat pada siklus II dengan skor 94 (Sangat Baik), 2) hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 90 (Sangat Baik) dan meningkat pada siklus II dengan skor 92,5 (Sangat Baik). 3) pada siklus I siswa memperoleh nilai rata-rata kelas dengan skor 70,65 (Cukup) dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan skor 79,03 (Baik). 4) persentase ketuntasan keterampilan menulis puisi siswa pada pra siklus sebesar 38,23% (sangat Kurang) meningkat pada siklus I dengan persentase ketuntasan sebesar 70,58% (Cukup) dan meningkat pada siklus II dengan persentase ketuntasan sebesar 85,29% (Baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisak, Eva Zahrotunevazahrotunuinsa@gmail.comD07216013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDJauharoti, Alfinalfin_ftkuinsa2014@yahoo.com2006067301
UNSPECIFIEDSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Keterampilan menulis; Puisi; Mata pelajaran Bahasa Indonesia; Metode peta pikiran; Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eva Zahrotun Nisak
Date Deposited: 18 Aug 2020 14:26
Last Modified: 18 Aug 2020 14:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42747

Actions (login required)

View Item View Item