Penerapan model pembelajaran inside outside circle untuk meningkatkan pemahaman mata pelajaran fikih materi infak dan sedekah pada siswa kelas IV MI Roudlotul Muta’abbidin Payaman Solokuro Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidiyah, Samrotul (2020) Penerapan model pembelajaran inside outside circle untuk meningkatkan pemahaman mata pelajaran fikih materi infak dan sedekah pada siswa kelas IV MI Roudlotul Muta’abbidin Payaman Solokuro Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Samrotul Maulidiyah_D97216078.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan yang dialami oleh siswa kelas IV MI Roudlotul Muta’abbidin Payaman Solokuro Lamongan dalam hal memahami materi infak dan sedekah. Data yang diperoleh peneliti dari memberikan pretes menunjukkan bahwa dari 24 siswa hanya 9 siswa yang memperoleh diatas KKM 75 Siswa yang lainnya memperoleh nilai dibawah KKM. Diharapkan model pembelajaran inside outside circle mampu memperbaiki dan meningkatkan pemahaman materi infak dan sedekah. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: 1). Bagaimana penerapan model pembelajaran inside outside circle untuk meningkatkan pemahaman mata pelajaran fikih materi infak dan sedekah kelas IV MI Roudlotul Muta’abbidin Payaman Solokuro Lamongan.2). Bagaimana peningkatan pemahaman mata pelajaran fikih materi infak dan sedekah kelas IV MI Roudlotul Muta’abbidin Payaman Solokuro Lamongan setelah penerapan model pembelajaran inside outside circle. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dengan menggunakan model Kurt Lewin.Tindakan yang dilakukan terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya memiliki 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di MI Roudlotul Muta’abbidin Payaman Solokuro Lamongan pada kelas IV dengan jumlah siswa 24 siswa. Tindakan yang dilaksanakan adalah penerapan model pembelajaran inside outside circle. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran inside outside circle dapat meningkatkan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mencapai 78,2 (baik) dan siklus II 90,2(sangat baik). Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I mencapai 79,3 (baik) dan siklus II mencapai 92,1 (sangat baik). 2) Peningkatan Pemahaman siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa mata pelajaran fikih materi infak dan sedekah pada pra siklus sebesar 57,9 dengan prosentase 37,5%, pada siklus I menjadi 71.8, dengan prosentase 66,66%, dan meningkat menjadi 87,7,dengan prosentase 87,5% pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidiyah, Samrotulsamrotulmaulidiyah4@gmail.comD97216078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.com2073091001
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Subjects: Fikih
Keywords: Model Inside Outside Circle; memahami; fikih; infak dan sedekah.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: samrotul maulidiyah
Date Deposited: 18 Aug 2020 08:07
Last Modified: 18 Aug 2020 08:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42753

Actions (login required)

View Item View Item