Peningkatan hasil belajar materi perkalian bilangan desimal mata pelajaran Matematika melalui media batang napier pada siswa kelas IV c SD Bahrul Ulum Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosida, Rosida (2020) Peningkatan hasil belajar materi perkalian bilangan desimal mata pelajaran Matematika melalui media batang napier pada siswa kelas IV c SD Bahrul Ulum Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rosida_D97216124.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Matematika materi perkalian desimal pada siswa kelas IVC SD Bahrul Ulum Surabaya. Berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan guru kelas IVC SD Bahrul Ulum Surabaya, yang menjadi penyebab rendahnya hasil belajar yaitu kurangnya variasi media yang digunakan guru dalam mengajar dan kurangnya pemahaman konsep dalam materi perkalian pada mata pelajaran matematika sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai prasiklus, dari 38 siswa hanya 4 siswa yang tuntas nilai KKM yan telah ditentukan yaitu 70. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu melalui penggunaan media Batang Napier. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan media Batang Napier dan peningkatan hasil belajar materi perkalian bilangan desimal mata pelajaran Matematika melalui media Batang Napier. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart dengan pelaksanaan tindakan berbentuk spiral yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan dan melakukan observasi kemudian mengadakan refleksi. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara, tes tertulis, non tes dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa; (1) penggunaan media Batang Napier pada materi perkalian desimal telah dilaksanakan sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai akhir aktivitas guru pada siklus I aktivitas guru mendapat skor 53 dengan perolehan nilai 88,63 (sangat baik) dan pada siklus II dengan perolehan nilai aktivitas guru yaitu 58 dengan perolehan nilai 96,66 (sangat baik). Sedangkan aktivitas siswa mendapatkan skor 44 dengan perolehan nilai 84,61 (baik) ) dan pada siklus II dengan perolehan nilai 96,15 (sangat baik). (2) Peningkatan hasil belajar Matematika materi perkalian desimal melalui media Batang Napier telah mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil belajar pada pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada pra siklus presentase ketuntasan 10,52% atau dari 38 siswa hanya 4 siswa yang tuntas dan nilai rata-rata 23,42. Kemudian pada siklus I mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan menjadi 55,26% dengan nilai rata-rata kelas 71,57 dan pada siklus II terjadi peningkatan lagi dengan perolehan persentase ketuntasan hasil belajar siswa 97,36% dengan nilai rata-rata kelas 85,86 dan termasuk kriteria sangat baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosida, Rosidarosida.uinsa@gmail.comD97216124
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M.Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorWakhidah, NurNurwe@rocketmail.com2015127201
Subjects: Matematika
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Matematika; Media batang napier; Hasil belajar siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rosida Rosida
Date Deposited: 18 Aug 2020 06:16
Last Modified: 18 Aug 2020 06:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42754

Actions (login required)

View Item View Item