Peningkatan pemahaman kandungan surah al-kausar pelajaran al-qur'an hadis menggunakan model kooperatif tipe numbered head together (NHT) siswa IV MINU Berbek Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amaliasari, Nuril (2020) Peningkatan pemahaman kandungan surah al-kausar pelajaran al-qur'an hadis menggunakan model kooperatif tipe numbered head together (NHT) siswa IV MINU Berbek Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nuril Amaliasari_D97216118.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman siswa kelas IV-A di MINU Berbek dalam memahami kandungan surah Al-Kausar. Hal ini diktahui dari hasil wawancara, observasi dan hasil ulangan ulangan harian siswa, dari 25 siswa hanya 6 siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM yang ditentukan. Dari permasalahan tersebut diharapkan model kooperatif tipe numbered head together (NHT) mampu meningkatkan pemahaman siswa materi kandungan surah Al-Kausar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1 Bagaimana penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Toghether (NHT) untuk meningkatan Pemahaman Isi Kandungan Surah Al-Kausar pada pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas IV MINU Berbek Sidoarjo? 2) Bagaimana peningkatan pemahaman siswa dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Toghether (NHT) pada Isi Kandungan Surah Al-Kausar pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas IV MINU Berbek Sidoarjo?. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas IV-A MINU Berbek Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model kurt lewin yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara, pengamatan, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model NHT dapat diterapkan untuk meningkatkan pemahaman siswa materi kandungan surah Al-Kausar. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mencapai 71,42 (Cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 91,67 (sangat baik). Hasil aktivitas siswa siklus I mencapai 71,67dan meningkat siklus II menjadi 85 (Baik). 2). Pemahaman peserta didik meningkat menggunakan model numbered head together. Hasil pemahaman siswa pra siklus rata-rata siswa 67,44 dengan presentase ketuntasan 24% dan mengalami penigkatan siklus I rata-rata siswa mencapai 70,8 dengan presentase 56%. Pada siklus II diadakan perbaikan, rata-rata siswa menjadi 82,6 dan presentase ketuntasan 84% (Baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amaliasari, Nurilnurilamaliasari@gmail.comD97216118
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, TaufiqTaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Thesis advisorMukaffah, Zumrotulzumrotul_mukafah@yahoo.com2015107003
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Peningkatan Pemahaman; Kandungan Surah Al-Kausar; Model Numbered Head Together (NHT).
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: nuril amaliasari
Date Deposited: 19 Aug 2020 06:36
Last Modified: 19 Aug 2020 06:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42757

Actions (login required)

View Item View Item