Peningkatan keterampilan membaca al Qur'an surah al Alaq materi bacaan Qolqolah melalui metode Drill Kelas III MI Raden Rahmat Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lutfiyah, Lutfiyah (2020) Peningkatan keterampilan membaca al Qur'an surah al Alaq materi bacaan Qolqolah melalui metode Drill Kelas III MI Raden Rahmat Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lutfiyah_D07216024.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an Hadits di kelas III MI Raden Rahmat Surabaya masih kurang maksimal terutama pada keterampilan membaca Al-Qur’an siswa. Hal ini dapat diketahui dari hasil ulangan harian siswa. Dari 16 siswa hanya 6 siswa yang mampu mencapai nilai KKM dalam materi “Bacaan Qolqolah” dengan persentase 37,5% yang termasuk dalam kategori sangat kurang. Untuk meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an surah Al-Alaq pada materi bacaan Qolqolah, peneliti mengambil tindakan melalui metode Drill yang dilakukan dalam dua siklus. Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) Untuk mengetahui penerapan metode Drill dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an surah Al-Alaq materi bacaan Qolqolah siswa kelas III MI Raden Rahmat Surabaya. 2) Untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca Al-Qur’an surah Al-Alaq materi bacaan Qolqolah setelah penerapan metode Drill siswa kelas III MI Raden Rahmat Surabaya. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang terdiri atas empat langkah pokok, yaitu : 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan , 3. Observasi, 4. Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III MI Raden Rahmat Surabaya dengan jumlah 16 siswa. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, penilaian non tes unjuk kerja (performance), dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat diperoleh sebagai berikut: 1) Penerapan metode Drill pada siswa kelas III MI Raden Rahmat Surabaya telah dilaksanakan dengan baik. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 72,00 (baik), dan meningkat pada siklus II sebesar 91,76 (sangat baik). Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 70,05 (baik) dan meningkat pada siklus II sebesar 89,0 (sangat baik). 2) Terdapat peningkatan keterampilan membaca Al-Qur’an surah Al-Alaq materi bacaan Qolqolah melalui metode Drill siswa kelas III MI Raden Rahmat Surabaya. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata kelas siswa meningkat yakni pada siklus I adalah 63,08 dan pada siklus II 77,73, serta persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I sebesar 63.5% jumlah siswa tuntas dan pada siklus II sebesar 87,5% jumlah siswa yang tuntas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lutfiyah, Lutfiyahlutfiyah24uinsa@gmail.comD07216024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Sulthonbahri.musthofa007@gmail.com2073091001
Thesis advisorMusthofa, Bahrisulthonmasud@yahoo.com2022077302
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Keterampilan Membaca; Metode Drilli; Surah Al Alaq
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lutfiyah Lutfiyah
Date Deposited: 19 Aug 2020 05:11
Last Modified: 19 Aug 2020 05:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42768

Actions (login required)

View Item View Item