Peningkatan keterampilan membaca puisi melalui metode Amati, Tiru, Modifikasi (ATM) pada siswa kelas IV MI At-Tauhid Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Anis Novita (2020) Peningkatan keterampilan membaca puisi melalui metode Amati, Tiru, Modifikasi (ATM) pada siswa kelas IV MI At-Tauhid Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anis Novita Sari_D97216047.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari rendahnya keterampilan membaca puisi siswa kelas IV MI At-Tauhid Surabaya pada salah satu mata pelajaran yang terdapat di tematik khususnya tema 6 (Cita-citaku), sub tema 1 (Aku dan Cita-citaku), pembelajaran I. Kegiatan pembelajaran kurang bervariatif cenderung monoton sehingga siswa tidak percaya diri dalam keterampilan membaca puisi yang mengakibatkan tujuan pembelajaran kurang maksimal. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti bertindak melakukan perbaikan dalam pembelajaran keterampilan membaca puisi pada kelas IV MI AT-Tauhid Surabaya dengan menggunakan metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui penerapan metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) untuk meningkatkan keterampilan membaca puisi pada siswa kelas IV MI At-Tauhid Surabaya. 2) Mengetahui peningkatan keterampilan membaca puisi setelah diterapkannya metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) pada siswa kelas IV MI At-Tauhid Surabaya. Metode penelitian yang diterapkan yakni menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Penelitian tersebut dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV MI At-Tauhid Surabaya dengan jumlah siswa sebanyak 31 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) pada siswa kelas IV MI At-Tauhid Surabaya dapat dinyatakan berhasil dengan kategori sangat baik. Kategori tersebut dibuktikan dari hasil observasi guru pada siklus I dengan skor perolehan 84,52 (baik) meningkat pada siklus II menjadi 94,04 (sangat baik), sedangkan hasil observasi siswa pada siklus I memperoleh skor 83,33 (baik) mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 92,85 (sangat baik). 2) Hasil keterampilan membaca puisi siswa kelas IV MI At-Tauhid Surabaya pada siklus I memperoleh skor yaitu 66,13 (cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 86,89 (sangat baik). Peningkatan tersebut diketahui dari prosentase ketuntasan belajar siswa. Pada pra siklus sebesar 0% (tidak baik), pada siklus I meningkat menjadi 67,74% (cukup), dan pada siklus II mengalami peningkatan yang lebih baik lagi dengan prosentase ketuntasan yakni 87,09% (sangat baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Anis NovitaAnisNovitaSari738@gmail.comD97216047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com/sihabudin@uins2020027701
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: Keterampilan Membaca Puisi; dan Metode ATM.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anis Novita Sari
Date Deposited: 18 Aug 2020 15:07
Last Modified: 18 Aug 2020 15:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42770

Actions (login required)

View Item View Item