Peningkatan keterampilan menghafal hadits sholat berjamaah melalui model Cooperative Script siswa Kelas III MI Raden Rahmat Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Miftahuss'adah, Miftahussa'adah (2020) Peningkatan keterampilan menghafal hadits sholat berjamaah melalui model Cooperative Script siswa Kelas III MI Raden Rahmat Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miftahussaadah_D07216025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menghafal hadits shalat berjamaah beserta artinya siswa kelas III MI Raden Rahmat Surabaya. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi penelitian dari 16 siswa hanya 6 siswa yang mampu mencapai nilai KKM dalam materi “Hadits Tentang Shalat Berjama’ah” dengan persentase 37,5%. Untuk meningkatkan keterampilan menghafal hadits shalat berjamaah beserta artinya, peneliti mengambil tindakan melalui model pembelajaran cooperative script yang dilakukan dalam dua siklus. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan model cooperative script dalam meningkatkan keterampilan menghafal hadits shalat berjamaah beserta artinya siswa kelas III MI Raden Rahmat Surabaya? 2) Bagaimana peningkatan keterampilan menghafal hadits shalat berjamaah beserta artinya setelah penerapan model cooperative script di kelas III MI Raden Rahmat Surabaya? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang dilakukan dengan dua siklus. Setiap satu siklus terdiri dari empat langkah pokok, yaitu: 1) Perencanaan (planning), 2) Tindakan (acting), 3) Observasi atau Pengamatan (observing), 4) Refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MI Raden Rahmat Surabaya dengan jumlah 16 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 6 siswi perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penilaian non tes (unjuk kerja), observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat diperoleh sebagai berikut: 1) Penerapan model pembelajaran cooperative script pada siswa kelas III MI Raden Rahmat Surabaya berjalan dengan lancar dan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 74,1 (baik) meningkat pada siklus II menjadi 91 (sangat baik). Hasil skor aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I mendapatkan skor sebesar 71,4 (baik) menjadi 91 (sangat baik) pada siklus II. 2) Terdapat peningkatan keterampilan menghafal hadits shalat berjamaah siswa kelas III MI Raden Rahmat Surabaya. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata kelas siswa meningkat dari siklus I yaitu 66,4 menjadi 82,8 pada siklus II. Serta persentase ketuntasan keterampilan menghafal siswa meningkat dari siklus I sebesar 62,5% jumlah siswa tuntas menjadi 81,25% jumlah siswa yang tuntas pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Miftahuss'adah, Miftahussa'adahmiftahuss2607@gmail.comD07216025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukaffa, Zumrotulzumrotul_mukafah@yahoo.com2015107003
Thesis advisorRusydiyah, Evi Fatimaturevi_fatimatur@yahoo.com2027127301
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Keterampilan Menghafal; Hadits Sholat Berjamaah; Cooperative Script
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miftahussa'adah Miftahussa'adah
Date Deposited: 18 Aug 2020 14:34
Last Modified: 18 Aug 2020 14:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42775

Actions (login required)

View Item View Item