Peningkatan kemampuan menghafal hadits tentang takwa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits melalui metode talaqqi pada siswa kelas IV-B MI Islamiyah Sumberwudi Karanggeneng Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Novitasari, Diana (2020) Peningkatan kemampuan menghafal hadits tentang takwa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits melalui metode talaqqi pada siswa kelas IV-B MI Islamiyah Sumberwudi Karanggeneng Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diana Novitasari_D07216010.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Kemampuan Menghafal, Metode Talaqqi, Hadits Takwa.
Latar belakang penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an Hadits di kelas IV-B MI Islamiyah Sumberwudi Karanggeneng Lamongan masih kurang maksimal dan siswa memiliki kemampuan menghafal yang masih rendah, hal ini dibuktikan dengan hasil observasi penelitian dari 19 siswa hanya 7 siswa yang mampu mencapai nilai KKM dalam materi “Mari Meningkatkan Takwa” dengan persentase 36,85% yang termasuk dalam kategori sangat kurang. Untuk meningkatkan kemampuan menghafal hadits tentang takwa, peneliti mengambil tindakan melalui metode Talaqqi yang dilakukan dalam dua siklus.
Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) Untuk mengetahui penerapan metode Talaqqi dalam meningkatkan kemampuan menghafal hadits tentang takwa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas IV-B MI Islamiyah Sumberwudi Karanggeneng Lamongan, 2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan menghafal hadits tentang takwa setelah penerapan metode Talaqqi mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas IV-B MI Islamiyah Sumberwudi Karanggeneng Lamongan.
Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang terdiri atas empat langkah pokok, yaitu : 1. Perencanaan, 2. Tindakan, 3. Observasi, 4. Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV-B MI Islamiyah Sumberwudi Lamongan dengan jumlah 19 siswa. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, penilaian non tes (performance), dan dokumentasi.
Hasil penelitian dapat diperoleh sebagai berikut: 1) Penerapan metode Talaqqi pada siswa kelas IV-B MI Islamiyah Sumberwudi Karanggeneng Lamongan telah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat pada hasil skor observasi aktivitas guru meningkat dari siklus I sebesar 77,77 (baik) sedangkan siklus II menjadi 93,75 (sangat baik). Hasil skor observasi aktivitas siswa meningkat dari siklus I 75,00 (baik) sedangkan siklus II menjadi 91,25 (sangat baik). 2) Terdapat peningkatan kemampuan menghafal hadits tentang takwa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dengan metode Talaqqi pada siswa kelas IV-B. Hal ini dapat dijelaskan bahwa nilai rata-rata kelas siswa meningkat dari siklus I yaitu 77,63 menjadi 91,44 pada siklus II serta persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari siklus sebesar 52,63% jumlah siswa tuntas dan pada siklus II sebesar 84,21% jumlah siswa tuntas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Novitasari, Dianavitauinsa@gmail.comD07216010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.com2073091001
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Kemampuan Menghafal; Metode Talaqqi; Hadits Takwa.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Diana Novitasari
Date Deposited: 18 Aug 2020 15:42
Last Modified: 18 Aug 2020 15:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42782

Actions (login required)

View Item View Item