Peningkatan keterampilan bercerita mata pelajaran SKI pada metode mind mapping kelas IVB MI Mambaudda'wah Tanjungsari Sidayu Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Nurul (2020) Peningkatan keterampilan bercerita mata pelajaran SKI pada metode mind mapping kelas IVB MI Mambaudda'wah Tanjungsari Sidayu Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Hidayah_D97216121.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dialami siswa kelas IVB MI Mambaudda’wah Tanjungsari Sidayu Gresik dalam hal bercerita. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa dari 18 siswa hanya 7 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM sedangkan 11 siswa yang lainnya memperoleh nilai di bawah KKM. Diharapkan metode Mind Mapping bisa memperbaiki dan meningkatkan keterampilan bercerita siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana penerapan metode Mind Mapping dalam meningkatkan keterampilan bercerita mata pelajaran SKI kelas IVB MI Mambaudda’wah di Tanjungsari Sidayu Gresik?. 2) Bagaimana peningkatan keterampilan bercerita setelah penerapan metode Mind Mapping mata pelajaran SKI kelas IVB MI Mambaudda’wah di Tanjungsari Sidayu Gresik?. Metode penelitian yang dilakukan, yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kurt Lewin. Dalam setiap siklus terdapat empat tahapan antara lain: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini, yaitu siswa kelas IVB MI Mambaudda’wah Tanjungsari Sidayu Gresik yang terdiri dari 18 siswa. Tindakan yang dilaksanakan adalah penerapan metode Mind mapping untuk meningkatkan keterampilan bercerita. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan non tes. Hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukkan bahwa 1) metode Mind Mapping bisa diterapkan untuk meningkatkan keterampilan bercerita siswa hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mencapai 79,54 (Baik) dan siklus II 93,18 (Sangat Baik). Sedangkan hasil observasi siswa mencapai 75 (Baik) pada siklus I dan 90,9 (Sangat Baik) pada siklus II. 2) Sebelum menggunakan metode, rata-rata nilai siswa adalah 69,22 (Baik), setelah adanya penerapan metode Mind Mapping nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 73,26 (Baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 86,1 (Baik). Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan dari 10 siswa yang tuntas dengan persentase 55% (Cukup Baik) menjadi 15 siswa yang tuntas dengan persentase sebesar 83,3% (Baik) pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Nurulnurulhiedayaah@gamil.comD97216121
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisormasud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.com2073091001
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Keterampilan Bercerita; SKI; Metode Mind Mapping.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurul Hidayah
Date Deposited: 19 Aug 2020 00:27
Last Modified: 19 Aug 2020 00:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42784

Actions (login required)

View Item View Item