Konsep pendidikan islam dalam keluarga prespektif Zakiyah Daradjat dan Hani Fatma Yuniar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bastomi, Akhmad Zam Zam (2020) Konsep pendidikan islam dalam keluarga prespektif Zakiyah Daradjat dan Hani Fatma Yuniar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Akhmad Zam Zam Bastomi_D91215086.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh oleh turunnya moral dan keimanan generasi kita. Lemahnya pendidikan agama Islam kepada anak mengakibatkan ingkarnya mereka dari agama Islam. Peristiwa seperti ini sepertinya banyak di agama kita tapi belum terlalu terekspos oleh media. Salah satunya terjadi pada keluarga tentangga saya. Sehingga ini menjadi motivasi peneliti mengkaji bagaimana konsep pendidikan Islam dalam keluarga dalam pandangan Hani Fatama Yuniar dan Zakiyah Daradjat. Adapun tujuan yang akan di capai dalam penelitian ini antara lain: 1) mengetahui konsep pendidikan Islam dalam keluarga menurut Zakiyah Daradjat dan Hani Fatma Yuniar 2) mengetahui komparasi konsep pendidikan Islam dalam keluarga menurut Zakiyah Daradjat dan Hani Fatma Yuniar. Semoga penelitian ini bisa membantu orang tua dalam mendidik anaknya agar anak mereka menjadi anak yang soleh taat perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya juga berakhlakul karimah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi pustaka (Iibrary Research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan untuk menganalis adalah content analys, hasil penelitian ini menunjukkan: 1) kosnep pendidikan Islam dalam keluarga menurut Zakiyah Daradjat dalam buku Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, pendidikan Islam dalam keluarga ialah berupa pembinaan iman dan tauhid, pembinaan akhlak, pembinaan ibadah dan agama, pembinaan kepribadian sosial anak, dan menanamkan sifat-sifat terpuji 2) konsep pendidikan Islam dalam keluarga menurut Hani Fatma Yuniar dalam bukunya a lifetime Islamic Parenting terdapat menanamkan aqidah kepada anak, menanamkan kecintaan Ibadah, mengasah kecerdasa sosial, mendidik akhlak kepada anak, dan mendidik dengan kasih sayang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bastomi, Akhmad Zam Zamzamazam.busthami@gmail.comD91215086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofahuda57@gmail.com2012025701
Thesis advisorFaizin, Moh.faizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Bibliografi
Keywords: Konsep Pendidikan Islam dalam Keluarga; Zakiyah Daradjat; hani fatma Yuniar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhmad Zam Zam Bastomi
Date Deposited: 20 Aug 2020 02:13
Last Modified: 20 Aug 2020 02:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42794

Actions (login required)

View Item View Item