Implementasi metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Elimination Et Choix Traduisant La Realite (ELECTRE) dalam evaluasi performa maskapai Low Cost Carrier (LCC) di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laili, Husna Nur (2020) Implementasi metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Elimination Et Choix Traduisant La Realite (ELECTRE) dalam evaluasi performa maskapai Low Cost Carrier (LCC) di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Husna Nur Laili_H72216054.pdf

Download (1MB)

Abstract

Low Cost Carrier (LCC) merupakan salah satu jenis standar pelayanan transportasi udara dimana banyak diminati oleh masyarakat karena menerapkan tarif dengan standar minimum. Dengan diminati masyarakat tersebut, terdapat banyak maskapai yang memberlakukan sistem LCC. Karena banyak maskapai yang menerapkan LCC, masyarakat cenderung selektif dalam menggunakan jasa dari maskapai. Meski harga yang ditawarkan telah minimum atau murah, masyarakat juga menginginkan kualitas yang bagus dari maskapai penerbangan. Sehingga kondisi tersebut menjadi suatu tantangan bagi maskapai LCC agar bersaing dalam mendapatkan daya tarik penumpang. Jika kualitas performa yang diberikan maskapai memuaskan dengan harga minimum, maka masyarakat akan selalu menggunakan jasa dari maskapai tersebut. Dalam penelitian ini dilakukan perangkingan evaluasi performa maskapai penerbangan LCC di Indonesia dengan 2 metode dari Multi Criteria Decision Making (MCDM) yaitu Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Elimination Et Choix Traduisant La Realite (Electre). Metode AHP digunakan untuk menentukan bobot prioritas setiap kriteria dan metode Electre digunakan untuk perangkingan alternatifnya. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa maskapai dengan peringkat pertama dalam performa maskapai LCC di Indonesia adalah maskapai AirAsia, peringkat kedua adalah maskapai Citilink, dilanjutkan dengan maskapai Wings Air, dan Lion Air.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laili, Husna Nurhusnalailii@gmail.comH72216054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFarida, Yuniaryuniar_farida@uinsby.ac.id2027057901
Subjects: Matematika
Pendidikan > Evaluasi
Keywords: LCC; MCDM; AHP; Electre.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Husna Nur Laili
Date Deposited: 19 Aug 2020 00:47
Last Modified: 19 Aug 2020 00:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42795

Actions (login required)

View Item View Item