Penerapan metode permainan kartu angka bergambar untuk meningkatkan hasil belajar lambang bilangan pada kelompok A Taman Kanak-Kanak Dharmawanita Persatuan Kragan Gedangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masruroh, Siti (2020) Penerapan metode permainan kartu angka bergambar untuk meningkatkan hasil belajar lambang bilangan pada kelompok A Taman Kanak-Kanak Dharmawanita Persatuan Kragan Gedangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Masruroh_D98215044.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar lambang bilangan pada kelompok A TK Dharmawanita Persatuan Kragan Gedangan Sidoarjo. Hal ini dibuktikan pada saat pra siklus hasil belajar siswa yang belum berkembang mencapai 33% dan hasil belajar siswa yang berkembang sangat baik mencapai 11%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses hasil belajar lambang bilangan pada kelompok A TK Dharmawanita Persatuan Kragan Gedangan Sidoarjo, dengan menggunakan metode permainan kartu angka bergambar. Serta untuk mengetahui peningkatan kemampuan hasil belajar lambang bilangan pada kelompok A TK Dharmawanita Persatuan Kragan Gedangan Sidoarjo, melalui metode permainan kartu angka bergambar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini terdiri dari pra siklus, siklus I dan siklus II terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, penilaian non tes. Menggunakan 2 jenis analisis data yakni deskriptif kualitatif dan kuantitatif persentase. Dengan menggunakan 3 rumus yaitu penilaian hasil belajar, penilaian rata-rata dan penilaian ketuntasan belajar. Hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil belajar lambangan bilangan siswa mengalami peningkatan yang baik dari kondisi sebelum diadakannya tindakan penelitian tindakan kelas hingga penelitian tindakan kelas siklus II tahap akhir. Hal ini dapat dilihat dari kondisi awal hanya mencapai 11%, kemudian hasil penelitian siklus I pertemuan pertama mencapai 33% (Mulai Berkembang), pada pertemuan kedua meningkat menjadi 50% (Mulai Berkembang) dan pada siklus ke II pertemuan pertama meningkat lagi menjadi 72% (Berkembang Sesuai Harapan) dan pertemuan kedua bertambah lagi menjadi 83% (Berkembang Sangat Baik). Dengan demikian kemampuan hasil belajar lambang bilangan siswa dapat ditingkatkan melalui metode permainan kartu angka bergambar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masruroh, Sitismasruroh30@gmail.comD98215044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.com2073091001
Thesis advisorAziz, Yahyaazizyahya1972@gmail.com2029087203
Subjects: Anak
Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Metode permainan; kartu angka bergambar; hasil belajar; lambang bilangan; Taman Kanak-Kanak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Siti Masruroh
Date Deposited: 28 Sep 2020 13:02
Last Modified: 28 Sep 2020 13:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42806

Actions (login required)

View Item View Item