Hadis tentang manfaat Air Kencing perspektif hadis nabi: kajian ma’anil hadis dalam Kitab Musnad Ahmad No. Indeks 2545

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa’, Devi Haris Khoirun (2020) Hadis tentang manfaat Air Kencing perspektif hadis nabi: kajian ma’anil hadis dalam Kitab Musnad Ahmad No. Indeks 2545. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel SUrabaya.

[img] Text
Devi Haris Khoirun Nisa'_E95216055.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mengenai pengobatan menggunakan air kencing unta telah menjadi perbincangan di berbagai kalangan, mulai dari kalangan masyarakat hingga kalangan akademis penelitian. Pasalnya, seperti pernyataan yang telah diungkapkan oleh ustad Bachtiar Natsir bahwa saat melakukan ibadah haji atau umrah diperbolehkan minum air kencing unta karena mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia, sehingga pernyataan tersebut viral di berbagai media social. Oleh karena itu, dalam kajian ini akan meninjau kembali tentang manfaat air kencing unta dalam perspektif hadis riwayat Ahmad ibn H{anbal nomor 2545 maupun penelitian ilmiah yang dilakukan oleh para dokter melalui kajian ma’anil hadis. Permasalahan yang akan diselesaikan dalam kajian ini meliputi, pemaknaan hadis tentang air kencing unta yang diriwayatkan oleh Ahmad ibn H{anbal nomor indeks 2545 beserta kualitasnya, baik dari kualitas sanad maupun kualitas matan. Selain itu juga akan menjelaskan terkait manfaat air kencing unta bagi kesehatan tubuh manusia perspektif hadis dan penelitian ilmiah sesuai yang telah dilakukan oleh para peneliti. Adapun manfaat dari kajian ini yaitu untuk mengetahui makna matan hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad ibn H{anbal beserta kualitasnya dan manfaat air kencing unta untuk kesehatan manusia. Selain itu, kajian ini sangat bermanfaat untuk masyarakat secara luas bahwa air kencing unta memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengobatai penyakit. Oleh karena itu, pengobatan yang telah dicontohkan oleh Nabi dan para sahabatnya ini dapat dijadikan pedoman oleh masyarakat terutama mereka yang sedang mengalami masalah kesehatan. Dalam melakukan sebuah kajian, terdapat metodologi yang harus diterapkan sesuai dengan langkah-langkahnya. Adapun model penelitian dalam kajian ini adalah model kualitatif untuk mengungkapkan data dalam bentuk narasi verbal. Sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian library dengan metode penelitian deskriptif. Sumber data didapatkan melalui kitab induk yaitu musnad Ahmad ibn H{anbal dan beberapa data skunder lain yang mendukung kajian ini. Dalam menganalisisnya menggunakan analisis deskriptif untuk menjelaskan terkait manfaat air kencing unta untuk kesehatan tubuh manusia. Hasil dan kesimpulan dari kajian ini, berdasarkan dari petunjuk hadis riwayat Ahmad ibn H{anbal dengan kualitas sahih dan didukung beberapa penelitian yang dilakukan oleh para dokter dan ilmuan bahwa air kencing unta memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh manusia dan mengobati berbagai penyakit, seperti hepatitis kronis, infeksi hepatitis, kangker, pembengkakan perut, TBC dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pengobatan tradisional dengan menggunakan air kencing unta sesuai yang telah dicontohkan oleh Nabi SAW dan para sahabatnya sangat dianjurkan untuk diterapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa’, Devi Haris Khoirundevinisa2805@gmail.comE95216055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaruq, Umar--2005076201
Subjects: Hadis
Keywords: Air kencing unta; kesehatan; hadis Nabi saw
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Devi Haris Khoirun Nisa’
Date Deposited: 20 Aug 2020 07:10
Last Modified: 20 Aug 2020 07:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42820

Actions (login required)

View Item View Item