Peningkatan kemampuan bercerita melalui media audiovisual pada siswa kelompok B Taman Kanak-Kanak Dharmawanita Persatuan Kragan Gedangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lustianingsih, Ika (2020) Peningkatan kemampuan bercerita melalui media audiovisual pada siswa kelompok B Taman Kanak-Kanak Dharmawanita Persatuan Kragan Gedangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ika Lustianingsih_D98215056.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan bercerita dikelompok B Taman Kanak-kanak Dharmawanita Persatuan Kragan Gedangan Sidoarjo. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa pada kemampuan bercerita yang menunjukkan 75% siswa belum bisa bercerita didepan kelas pada rentang usia 6-7 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran menggunakan media audiovisual dan apakah dengan menggunakan media audiovisual dapat meningkatkan kemampuan bercerita siswa kelompok B. Dengan adanya media audiovisual diharapkan dapat membantu meningkatkan kemampuan bercerita siswa dan dengan adanya media tersebut menjadikan siswa bersemangat untuk mengikuti pembelajaran serta mengerti alur dalam cerita. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Dalam penelitian ini terdapat empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dimulai dari pra siklus, siklus I pertemuan pertama kedua, dan siklus II pertemuan pertama kedua. Adapun metode pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun kisi-kisi instrument penilaian yang digunakan oleh peneliti adalah 1) Keberanian siswa dalam bercerita, 2) Volume suara dapat terdengar oleh seluruh siswa, 3) Keterampilan siswa dalam mengembangkan cerita, dan 4) Kemampuan siswa dalam bercerita secara runtut. Hasil dari penelitian tersebut adalah 1) Pembelajaran menggunakan media audiovisual (pemutaran video) berjalan dengan baik siswa terlihat bersemangat dalam mengikuti setiap kegiatan yang peneliti berikan hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya nilai siswa disetiap siklusnya. 2) Adanya peningkatan kemampuan bercerita siswa setelah penggunaan media audiovisual. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil ketuntasan belajar siswa. Pada Siklus I pertemuan pertama hasil persentase siswa masih 25% (Belum Berkembang), dipertemuan kedua namun tetap Siklus I persentase siswa mulai naik yaitu 50% (Mulai Berkembang) dilanjut siklus II pertemuan pertama hasilnya persentasenya 70% (Berkembang Sesuai Harapan) dan selanjutnya siklus II pertemuan kedua persentasenya 90% (Berkembang Sangat Baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lustianingsih, Ikaikalustianingsih@gmail.comD98215056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa@yahoo.com2022077302
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir_uban@yahoo.com2022076802
Subjects: Anak
Pendidikan
Pendidikan > Media
Keywords: Kemampuan bercerita; media audiovisual; Taman Kanak-Kanak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Ika Lustianingsih Ika
Date Deposited: 28 Sep 2020 12:59
Last Modified: 28 Sep 2020 12:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42836

Actions (login required)

View Item View Item