Perancangan Panti Rehabilitasi Narkoba di Kabupaten Batu dengan Pendekatan Healing Environment

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummah, Arifatul (2020) Perancangan Panti Rehabilitasi Narkoba di Kabupaten Batu dengan Pendekatan Healing Environment. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arifatul Ummah_H03216006.pdf

Download (3MB)

Abstract

Badan Narkotika Nasional (BNN) Batu mengajukan perluasan klinik rehabilitasi pada DPRD Kabupaten Batu, hal ini merupakan salah satu bukti bahwa penanggulangan narkoba belum teratasi dari segi rehabilitasi. Dari masalah tersebut diperlukan adanya perancangan panti rehabilitasi narkoba berskala kabupaten dibawah naungan BNN Batu. Pada proses rehabilitasi pengguna narkoba akan merasakan stress yang berpengaruh terhadap pikologis. Pemulihan rehabilitasi pada pengguna narkoba dapat didukung dengan pendekatan healing environment. Healing environment merupakan desain lingkungan terapi yang memadukan unsur alam, psikologis dan indra dengan desain yang didominasi dengan unsur-unsur alam. Desain lingkungan ditangkap oleh panca indra kemudian memberikan efek psikologis positif sehingga dapat mempengaruhi batin seseorang, faktor inilah yang menjadikan healing environmnet dapat mendukung proses rehabilitasi narkoba. Prinsip-prinsip healing environment yaitu daylight and health, colour, view, life-energizing surrounding, suara,bau, balance, ketenangan dan spirit nourishment. Dari sembilan prinsip tersebut, terdapat enam prinsip yang akan diterapkan pada desain tapak, bangunan dan ruang. Selain prinsip tersebut, konsep perancangan panti rehabilitasi narkoba adalah “health inside, nature outside” yang artinya desain interior dapat merelaksasi penghuni dan desain ruang luar yang seperti alam. Dari segi outdoor maupun indoor berfungsi sebagai area yang mewadahi aktivitas penyembuhan narkoba. Hasil rancangan menerapkan prinsip dan konsep desain, keduanya berkorelasi dalam mendukung proses rehabilitasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummah, Arifatularifatulummah@gmail.comH03216006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorA'yun, Qurrotulmratodi@uinsby.ac.id2004108902
Thesis advisorRatodi, Muhamadmratodi@uinsby.ac.id2004038102
Subjects: Arsitektur
Keywords: Panti Rehabilitasi Narkoba; Healing Environment; Desain Lingkungan; Prinsip Desain; Konsep Desain
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Arifatul Ummah
Date Deposited: 20 Aug 2020 01:19
Last Modified: 20 Aug 2020 01:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42886

Actions (login required)

View Item View Item