Perancangan kawawsan wisata edukasi pengolahan bambu di Lumajang dengan pendekatan community based tourism

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Rizma Wuriyastuti (2020) Perancangan kawawsan wisata edukasi pengolahan bambu di Lumajang dengan pendekatan community based tourism. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizma Wuriyastuti Putri_H73216053.pdf

Download (3MB)

Abstract

Di Indonesia bambu merupakan salah satu HHBK (hasil hutan bukan kayu) yang telah sangat akrab dengan kehidupan mayarakat Indonesia dan juga di berbagai negara Asia, karena fungsinya yang multiguna. Kabupaten Lumajang, merupakan daerah dengan penghasil bambu yang sangat potensial karena adanya wisata Hutan Bambu yang mempunyai luas 5 hektar dan habitat beberapa jenis bambu. Namun kekayaan bambu di Kabupaten Lumajang ini pemanfaatannya belum dilakukan secara maksimal, ditandai dengan belum tersedianya wadah sebagai sarana mengenalkan potensi dan manfaat bambu. Hal inilah yang mendasari perancangan “Wisata Edukasi Pengolahan Bambu” sebagai wadah mengembangkan potensi bambu dan potensi masyarakat khususnya di Kabupaten Lumajang.Pada perancangan ini digunakan pendekatan Community Based on Tourism dikarenakan wisata perlu melibatkan peran masyarakat setempat. Karena pembangunan wisata yang berhasil adalah pembangunan yang dilakukan secara bersama termasuk “membangun bersama masyarakat” sehingga pembangunan wisata dapat memberikan keuntungan secara ekonomi, sosial maupun budaya kepada masyarakat setempat atau bisa disebut sebagai wisata berbasis masyarakat yang mengedukasi dan berwawasan lingkungan dengan aspek pemberdayaan sosial, budaya ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan. Sehingga perancangan ini juga menjadi media edukasi yang mewadahi pengolahan bambu dari mulai pembibitan sampai menjadi produk jadi. Dengan menjadikan sebagai media edukasi, diharapkan mampu memberikan pemahaman dan pengetahuan bagi masyarakat Kabupaten Lumajang. Sebagai kesimpulan, hasil analisis data terkait perancangan disajikan dalam pemrograman ruang, konsep desain perancangan dan beberapa gambar kerja eksterior maupun interior dalam bentuk dua dimensi dan tiga dimensi sebagai ilustrasi desain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Rizma Wuriyastutirzmwputri@gmail.comH73216053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyariah, Arfianinisya27@yahoo.com198302272014032001
Thesis advisorSuriani, Efaefasuriani@gmail.com197902242014032003
Subjects: Arsitektur
Keywords: Bambu; Community based tourism; Wisata Edukasi.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Rizma Wuriyastuti Putri
Date Deposited: 20 Aug 2020 13:59
Last Modified: 20 Aug 2020 13:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42887

Actions (login required)

View Item View Item