Pendampingan Lembaga Aisyiyah Kabupaten Gresik Dalam Implementasi Pencegahan Penularan Penyakit Tuberkulosis Melalui Program TB Care Di Desa Masangan Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Naimah, Ihda Ainin (2020) Pendampingan Lembaga Aisyiyah Kabupaten Gresik Dalam Implementasi Pencegahan Penularan Penyakit Tuberkulosis Melalui Program TB Care Di Desa Masangan Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
IHDA AININ NAIMAH_B92216106.pdf

Download (4MB)

Abstract

vPenelitian dalam ini membahas tentang proses pendampingan masyarakat dalam menangani problem pola kehidupan dan kondisi kesehatan masyarakat Desa Masangan. Kurangnya pengetahuan dan kesadaran mengakibatkan angka resiko penularan penyakit Tuberkulosis semakin naik dari tahun ke tahun. Proses pendampingan masyarakat ini bertujuan agar masyarakat memiliki kesadaran dan peduli terhadap kesehatan diri maupun lingkungannya. Penelitian ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research) yang mana seluruh proses penelitian dari awal hingga akhir dilakukan bersama-sama dengan masyarakat. Mulai dari sejak proses penggalian data, perencanaan dan pelaksanaan program, hingga tahap evaluasi program dilakukan secara partisipatif. Strategi pendampingan dalam penelitian ini dilakukan dengan sekolah lapang TB Care dan kampanye-kampanye sebagai upaya promotif kesehatan. Dengan ini masyarakat memiliki pengetahuan dan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan diri dan lingkungan. Seperti halnya firman Allah yang berbunyi “Wahai Manusia ! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagimu” (QS Al-Baqarah:168)

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Naimah, Ihda Aininihdaaininlg@gmail.comB92216106
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAdnan, Abd. Mujibamujibadnan@gmail.com2007025902
Subjects: Bimbingan Penyuluhan
Kesehatan
Kesehatan

Kesejahteraan Sosial
Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ihda Ainin Naimah
Date Deposited: 20 Aug 2020 07:21
Last Modified: 20 Aug 2020 07:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42894

Actions (login required)

View Item View Item