Peningkatan motivasi belajar pada mata pelajaran SKI materi peristiwa Fathu Makkah melalui strategi team quiz berhadiah siswa Kelas VA MI Tanada Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdausi, Aulia Kaffah (2020) Peningkatan motivasi belajar pada mata pelajaran SKI materi peristiwa Fathu Makkah melalui strategi team quiz berhadiah siswa Kelas VA MI Tanada Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aulia Kaffah Firdausi_D97216099.pdf

Download (9MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran SKI materi Peristiwa Fathu Makkah. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan observasi pembelajaran yang menunjukkan bahwa guru menggunakan metode ceramah dan tanya jawab sehingga sebagian besar kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil angket motivasi belajar pra siklus yaitu hanya 13,8% dari 36 siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, dengan nilai hasil belajar siswa yaitu hanya 27,7% dari 36 siswa yang mampu mencapai nilai KKM sebesar 76. Oleh karena itu, upaya yang dilakukan peneliti dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah melalui strategi team quiz berhadiah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan strategi Team Quiz berhadiah untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran SKI materi peristiwa Fathu Makkah di kelas VA MI TANADA Waru Sidoarjo? 2) Bagaimana peningkatan motivasi belajar pada mata pelajaran SKI materi peristiwa Fathu Makkah setelah menggunakan strategi Team Quiz berhadiah di kelas VA MI TANADA Waru Sidoarjo? Metode penelitian ini merupakan PTK dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yang meliputi, 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar observasi motivasi belajar siswa, lembar tes hasil belajar, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan strategi team quiz berhadiah dapat dilaksanakan dengan baik, hal ini dapat diketahui dari peningkatan skor hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 76,8 menjadi 87,03 pada siklus II, kemudian hasil observasi aktivitas siswa siklus I yaitu 75 menjadi 85 pada siklus II, serta hasil observasi motivasi belajar siklus I yaitu 75 menjadi 87,5 pada siklus II. 2) Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dengan menggunakan strategi team quiz berhadiah, hal ini dapat dilihat dari persentase motivasi belajar siswa dari pra siklus yaitu 13,8% menjadi 52,7% pada siklus I kemudian meningkat menjadi 88,8% pada siklus II. Hasil ini juga didukung dengan peningkatan hasil belajar dari pra siklus yaitu 27,7% menjadi 55,5 % pada siklus I kemudian meningkat menjadi 86,1% pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdausi, Aulia Kaffahauliakaffah1@gmail.comD97216099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorMas’ud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.com2073091001
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Peningkatan Motivasi Belajar; SKI Fathu Makkah; Strategi Team Quiz Berhadiah.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aulia Kaffah Firdausi
Date Deposited: 20 Aug 2020 03:54
Last Modified: 20 Aug 2020 03:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42906

Actions (login required)

View Item View Item