Peningkatan kemampuan menentukan gagasan pokok paragraf pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Kelas IV MI Negeri 2 Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggiri, Akhmada Adhim (2020) Peningkatan kemampuan menentukan gagasan pokok paragraf pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Kelas IV MI Negeri 2 Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Akhmada Adhim Anggiri_D07216003.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dialami siswa kelas IV MIN 2 Mojokerto dalam menentukan gagasan pokok paragraf. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa dari 24 siswa hanya 8 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM sedangkan 16 siswa yang lainnya memperoleh nilai di bawah KKM. Diharapkan model pembelajaran CIRC mampu memperbaiki dan meningkatkan kemampuan siswa dalam menentukan gagasan pokok paragraf.Adapun rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana penerapan CIRC dalam meningkatkan kemampuan menentukan gagasan pokok pada paragraf siswa kelas IV MI Negeri 2 Mojokerto?, 2) Bagaimana peningkatan kemampuan siswa kelas IV MI Negeri 2 Mojokerto dalam menentukan gagasan pokok pada paragraf setelah menerapkan Model CIRC? Metode penelitian yang dilakukan, yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan model Kurt Lewin. Dalam setiap siklus terdapat empat tahapan antara lain: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini, yaitu siswa kelas IV MIN 2 Mojokerto yang terdiri dari 24 siswa. Tindakan yang dilaksanakan adalah penerapan model CIRC untuk meningkatkan kemampuan menentukan gagasan pokok pada paragraf. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukkan bahwa model pembelajaran CIRC bisa diterapkan untuk meningkatkan kemampuan menentukan gagasan pokok pada paragraf. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mencapai 75 (Sedang) dan siklus II 90 (Sangat Tinggi). Sedangkan hasil observasi siswa pada siklus I mencapai 70 (Sedang) dan pada siklus II mencapai 87,5 (Tinggi). Sebelum menerapkan model pembelajaran CIRC, rata-rata nilai siswa adalah 58 (Sangat Rendah). Setelah dilakukan penerapan model pembelajaran CIRC nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 64,7 (Rendah) dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 81 (Tinggi). Pada persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I terdapat 15 siswa yang tuntas dengan persentase 62,5% (Rendah) dan mengalami peningkatan menjadi 20 siswa yang tuntas dengan persentase sebesar 83,3% (Tinggi) pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggiri, Akhmada Adhimakhmadaadim1997@gmail.comD07216003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, Jauharotinalfin_ftkuinsa2014@yahoo.com2006067301
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC); Menentukan Gagasan Pokok; Bahasa Indonesia.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: AKHMADA ADHIM ANGGIRI
Date Deposited: 20 Aug 2020 08:07
Last Modified: 20 Aug 2020 08:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42914

Actions (login required)

View Item View Item