Peningkatkan kemampuan menulis mata pelajaran bahasa arab materi fi al Fasli dengan menggunakan metode Imla’ pada peserta didik kelas V MIN 1 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azzarkasi, Ahmad Rifki (2020) Peningkatkan kemampuan menulis mata pelajaran bahasa arab materi fi al Fasli dengan menggunakan metode Imla’ pada peserta didik kelas V MIN 1 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Rifki Azzarkasi_D0721609.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya kemampuan menulis Bahasa Arab yang dimiliki oleh peserta didik kelas V MIN 1 Gresik. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara peneliti dengan guru Bahasa Arab, penyebab kemampuan menulis peserta didik dikarenakan minimnya minat dalam menulis bahasa Arab sangat rendah, kesulitan menulis bahasa Arab dengan baik dan benar. Seringnya terjadi kesalahan dalam memberi harokat serta panjang pendeknya suatu kalimat. Berdasarkan data observasi yang diperoleh, dari 24 peserta didik hanya ada 9 yang tuntas memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu 75. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan metode Imla>’ pada mata pelajaran Bahasa Arab materi Fi al Fas}li kelas V MIN 1 Gresik? Bagaimana peningkatan kemampuan menulis dengan metode Imla>’ pada mata pelajaran Bahasa Arab materi Fi al Fas}li di kelas V MIN 1 Gresik? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Mc Taggrat dan Kemmis yang terdiri dari dua siklus. Setiap silkus terdiri dari empat tahapan yaitu Planing(Perencanaan tindakan), Observation (observasi), Action (tindakan), dan Reflection (refleksi). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V MIN 1 Gresik berjumlah 24 yang terdiri dari 13 laki-laki dan 11 perempuan. Pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi guru dan peserta didik, penilaian produk, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penerapan metode Imla’ materi Fi al Fas}li pada peserta didik kelas V MIN 1 Gresik dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat pada hasil observasi aktivitas guru meningkat dari siklus 1 sebesar 78% dalam kategori sedang dan mendapat 94% pada siklus II (kategori tinggi). Sedangkan hasil observasi aktivitas peserta didik pada siklus I mendapat nilai 60% (kategori rendah). Pada siklus II observasi aktivitas peserta didik meningkat menjadi 90% (kategori sangat tinggi). Peningkatan kemampuan menulis materiFi al Fas}li bahasa Arab dengan menggunakan metodeImla>’pada siklus I mendapat nilai rata-rata adalah 75% menjadi 83,3% pada siklus II serta persentase ketuntasan kemampuan menulis peserta didik juga mengalami peningkatan dari 58% siklus I menjadi 87,5% siklus II dengan kategori tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azzarkasi, Ahmad Rifkiarifkiazzarkasi@gmail.comD97216094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas’ud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.com2073091001
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Kemampuan Menulis; Bahasa Arab; Metode Imla
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ahmad Rifki Azzarkasi
Date Deposited: 20 Aug 2020 08:34
Last Modified: 20 Aug 2020 08:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42915

Actions (login required)

View Item View Item