Pengaruh kombinasi serbuk sabut kelapa dan arang sekam terhadap pertumbuhan tanaman sawi pakcoy (Brassica rapa subsp. chinensis) pada sistem hidroponik DFT (Deep Flow Technique)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sukajat, Novia Karasati (2020) Pengaruh kombinasi serbuk sabut kelapa dan arang sekam terhadap pertumbuhan tanaman sawi pakcoy (Brassica rapa subsp. chinensis) pada sistem hidroponik DFT (Deep Flow Technique). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novia Karasati Sukajat_H71216040.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pakcoy merupakan salah satu sayuran yang banyak digemari oleh masyarakat karena memiliki harga yang murah, lezat, serta mengandung gizi tinggi yang bermanfaat bagi tubuh menyebabkan permintaan pakcoy meningkat. Terjadinya konversi lahan pertanian produktif menyebabkan tidak dapat terpenuhinya permintaan sawi pakcoy di Indonesia. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan yaitu penanaman sawi pakcoy menggunakan sistem hidroponik DFT (Deep Flow Technique) menggunakan media cocopeat dan arang sekam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perlakuan cocopeat dan arang sekam terhadap pertumbuhan pakcoy pada sistem hidroponik DFT. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Penelitian ini dilakukan dengan menanam sawi pakcoy pada sistem hidroponik DFT dengan menggunakan perlakuan media cocopeat dan arang sekam. Perlakuan media yang digunakan, yaitu J1= cocopeat, J2= arang sekam, J3= cocopeat : arang sekam (1:1), J4= cocopeat : arang sekam (1:3), J5= cocopeat : arang sekam (3:1), J6= cocopeat : arang sekam (1:1)+ pupuk NPK 15 pada polybag. Pemanenan dan pengamatan pertumbuhan tanaman sawi pakcoy dilakukan setelah tanaman berumur 35 hari. Data dianalisis mengguakan uji One Way Anova dan uji Kruskal Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan media cocopeat dan arang sekam berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman sawi pakcoy (Brassica rapa subsp. chinensis) pada sistem hidroponik DFT. Perlakuan cocopeat (J1) memberikan pengaruh terbaik terhadap tinggi tanaman (24,93 cm), jumlah daun (19,00 helai), jumlah akar (23,25 helai), berat segar tajuk (88,25 gram), dan berat kering tajuk (2,97 gram). Sedangkan perlakuan cocopeat dan arang sekam (3:1) memberikan pengaruh terbaik pada berat segar akar (5,03 gram) dan berat kering akar (0,30 gram).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sukajat, Novia Karasatinoviakara@gmail.comH71216040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
AuthorRokhim, Saikusaiku_rokhim_avicenna@yahoo.com2021128601
AuthorFaizah, Hanikhanikfaizah90@gmail.com201409019
Subjects: Biologi
Pertanian
Keywords: Arang sekam; Cocopeat; Hidroponik DFT; Sawi pakcoy
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Novia Sukajat
Date Deposited: 20 Aug 2020 08:16
Last Modified: 20 Aug 2020 08:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42916

Actions (login required)

View Item View Item