Identifikasi dan uji resistensi logam berat timbal (Pb) pada bakteri yang diisolasi dari perairan Paciran Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dawaiyah, Afiyatul (2020) Identifikasi dan uji resistensi logam berat timbal (Pb) pada bakteri yang diisolasi dari perairan Paciran Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afiyatul Dawaiyah_H01216002.pdf

Download (2MB)

Abstract

Logam berat timbal (Pb) merupakan zat pencemar yang sangat toksik dan berdampak negatif pada ekosistem perairan, lingkungan sekitar dan kesehatan masyarakat. Salah satu upaya untuk mengurangi dampak pencemaran akibat timbal (Pb) dilakukan dengan mengetahui bakteri yang berpotensi menjadi agen bioremediasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji tingkat resistensi bakteri terhadap logam berat timbal (Pb) di perairan Paciran Lamongan. Penelitian ini menggunakan sampel berupa air dan sedimen yang diisolasi dari perairan Paciran Lamongan. Metode yang digunakan yaitu disk diffusion untuk menguji resistensi bakteri terhadap Pb. Konsentrasi Pb yang digunakan untuk uji resistensi bakteri yaitu 0 ppm, 10 ppm, 15 ppm, 20 ppm, 25 ppm, dan 30 ppm. Identifikasi bakteri dilakukan dengan pengamatan makroskopik, mikroskopik dan uji biokimia, Dari hasil penelitian didapatkan 9 isolat bakteri yang termasuk dalam 6 Genus, yaitu: Bacillus, Citrobacter, Neisseria, Aeromonas, Vibrio, dan Morganella. Hasil uji menunjukkan bahwa masing-masing bakteri memiliki tingkat resistensi terhadap logam berat timbal (Pb) yang berbeda-beda sesuai dengan jenis, konsentrasi logam dan habitat asal isolat. Berdasarkan zona hambat yang terbentuk pada masing-masing konsentrasi terdapat 3 genus yang mempunyai diameter zona hambat terkecil yaitu Vibrio, Neisseria dan Morganella. Pada genus Vibrio resistensi tertinggi pada konsentrasi 10 ppm, 25 ppm, dan 30 ppm dengan rata-rata diameter zona hambat masing-masing sebesar 6,5 mm, 7,0 mm dan 6,95 mm. Genus Neisseria resistensi tertinggi pada konsentrasi 15 ppm dengan diameter zona hambat 6,85 mm. Dan genus Morganella resistensi tertinggi pada konsentrasi 20 ppm dengan tidak membentuk zona hambat. Penelitian ini menunjukkan bahwa isolat bakteri yang didapatkan dari perairan Paciran Lamongan memiliki resistensi terhadap logam berat Pb sehingga berpotensi untuk dikembangkan menjadi agen bioremediasi untuk mengurangi pencemaran logam di lingkungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dawaiyah, Afiyatulafiyatuldawaiyah17@gmail.comH01216002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRokhim, Saikusaiku_rokhim_avicenna@yahoo.com2021128601
Thesis advisorFaizah, Hanikhanikfaizah90@gmail.com201409019
Subjects: Biologi
Keywords: Bakteri; logam berat Pb; resistensi.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Afiyatul Dawaiyah
Date Deposited: 20 Aug 2020 15:00
Last Modified: 20 Aug 2020 15:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42919

Actions (login required)

View Item View Item