Uji kemampuan biodegradasi sampah plastik polyethylene (PE) oleh bakteri pendegradasi plastik yang diisolasi dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jabon Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wati, Reni Ida (2020) Uji kemampuan biodegradasi sampah plastik polyethylene (PE) oleh bakteri pendegradasi plastik yang diisolasi dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jabon Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Reni Ida Wati_H71216066.pdf

Download (2MB)

Abstract

Polietilena merupakan salah satu jenis plastik yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sifatnya yang ringan, fleksibel, kuat, mudah dibawa, kedap air, serta biaya produksi murah menjadikan penggunaan polietilena semakin luas. Ikatan rantai karbon yang panjang menyebabkan sampah plastik sulit terurai. Penanganan yang dapat dilakukan untuk meminimalisir permasalahan sampah plastik yaitu biodegradasi. Dalam proses biodegradasi plastik, mikroorganisme akan mengeluarkan enzim yang dapat mendegradasi polimer menjadi bentuk yang lebih sederhana dan memanfaatkannya sebagai sumber karbon. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui jenis bakteri pendegradasi plastik yang terisolasi dari TPA Jabon Sidoarjo serta mengetahui kemampuannya dalam mendegradasi plastik polietilena. Pengambilan sampel tanah dilakukan pada 5 titik berdasarkan adanya timbunan sampah plastik yang mulai terdegradasi, isolasi bakteri pendegradasi plastik dilakukan dengan kolom winogradsky. Isolat bakteri dipurifikasi dan dilakukan uji kemampuan biodegradasi. Uji kemampuan biodegradasi dilakukan pada media MSM dengan penambahan potongan plastik polietilena dan diinkubasi di shaker incubator selama 40 hari dengan kecepatan 150 rpm pada suhu 30oC. Isolat bakteri diidentifikasi berdasarkan pengamatan makroskopik, mikroskopik, dan uji biokimia. Hasil penelitian didapatkan sebanyak 8 isolat bakteri pendegradasi plastik yang termasuk dalam 5 genus bakteri meliputi Alcaligenes, Actinobacillus, Pseudomonas, Acinetobacter, dan Neisseria. Uji kemampuan biodegradasi menunjukkan bahwa masing-masing isolat bakteri mempunyai kemampuan yang berbeda. Isolat bakteri yang mempunyai kemampuan mendegradasi tertinggi yaitu isolat P2B2 (genus Pseudomonas) dengan presentase kehilangan berat plastik sebesar 3.87% dan besar regangan plastik sebesar 0.005, sedangkan isolat bakteri yang mempunyai kemampuan mendegradasi terendah yaitu isolat P1B1 (genus Alcaligenes) dengan presentase kehilangan berat plastik sebesar 0.8% dan tidak terjadi perubahan regangan. Uji statistika menunjukkan tidak terdapat perbedaan kemampuan isolat bakteri dalam mendegradasi plastik polietilena.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wati, Reni Idareniidawati128@gmail.comH71216066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFirdhausi, Nirmala Fitrianirmala_firdhausi@yahoo.com2025068501
Thesis advisorFaizah, Hanikhanikfaizah90@gmail.com201409019
Subjects: Biologi
Keywords: Bakteri Pendegradasi Plastik; Biodegradasi; Kolom Winodgradsky; Polietilena; TPA Jabon.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Reni Ida Wati
Date Deposited: 20 Aug 2020 14:21
Last Modified: 20 Aug 2020 14:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42923

Actions (login required)

View Item View Item