Pengaruh pemberian limbah Kopi dan limbah Teh pada media tanam terhadap pertumbuhan tanaman Semangka (Citrullus vulgaris)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kinasih, Linggar Dwi (2020) Pengaruh pemberian limbah Kopi dan limbah Teh pada media tanam terhadap pertumbuhan tanaman Semangka (Citrullus vulgaris). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Linggar Dwi Kinasih_H71216059.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tanaman semangka (Citrullus vulgaris) merupakan salah satu tanaman hortikultura yang memiliki nilai jual relatif tinggi sehingga dibudidayakan secara luas oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada perbedaan bermakna pada media tanam yang diberi limbah kopi dan limbah teh terhadap pertumbuhan tanaman semangka (C. vulgaris) dan mendapatkan media tanam yang paling optimal. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Penelitian ini terdiri dari 4 perlakuan dan 6 kali ulangan sehingga terdapat 24 unit percobaan. Bibit Tanaman semangka di tanam dalam polybag ukuran 25x30 cm dengan 4 jenis media tanam. Media tanam satu (kontrol) merupakan campuran tanah, sekam, dan pupuk NPK dengan perbandingan 2:2:1. Media tanam dua (limbah teh) merupakan campuran tanah, sekam, NPK, dan limbah teh kering dengan perbandingan 2:2:1:1. Media tanam tiga (limbah kopi) merupakan campuran tanah, sekam, pupuk NPK, dan limbah kopi kering dengan perbandingan 2:2:1:1. Media tanam empat (kombinasi) merupakan campuran tanah, sekam, pupuk NPK, limbah teh dan kopi kering dengan perbandingan 2:2:1:1:1. Data yang diambil adalah panjang tanaman, jumlah daun, berat segar dan kering tanaman, berat buah, rasa buah, warna kulit serta warna daging buah. Analisis data menggunakan Uji One-Way Anova dengan α 0,05 selanjutnya dilakukan uji lanjutan LSD. Setelah masa panen (14 hari) dilakukan pengambilan data berupa rasa buah, warna kulit, dan warna daging buah. Data tersebut diuji dengan Uji Organoleptik dengan nilai maksimal lima. Hasil analisis statistik Uji One-Way Anova menunjukan perbedaan nyata pada berat segar dan berat kering tanaman namun tidak terjadi perbedaan nyata pada panjang batang, jumlah daun dan berat buah. Uji Organoleptik menunjukan nilai tertinggi pada rasa buah dan warna daging buah pada media tanam kombinasi. Pertumbuhan tanaman semangka (C. vulgaris) paling optimal terdapat pada media tanam kombinasi yang diberi limbah teh dan kopi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kinasih, Linggar Dwilinggardk@yahoo.comH71216059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHadi, Moch. Irfanm_i_h@uinsby.ac.id0824048601
Thesis advisorFaizah, Hanikhanikfaizah@uinsby.ac.id201409019
Subjects: Biologi
Keywords: Limbah kopi; Limbah teh; Pertumbuhan; Tanaman Semangka (Citrullus vulgaris)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Linggar Dwi Kinasih
Date Deposited: 21 Aug 2020 03:18
Last Modified: 21 Aug 2020 03:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42944

Actions (login required)

View Item View Item