Pemanfaatan pati biji salak dan singkong sebagai bahan baku bioplastik ramah lingkungan dengan penambahan plasticizer sorbitol dan gliserol

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratama, Benida Yesika Regita Putri (2020) Pemanfaatan pati biji salak dan singkong sebagai bahan baku bioplastik ramah lingkungan dengan penambahan plasticizer sorbitol dan gliserol. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Benida Yesika RPP_H71216022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pati biji salak dan singkong dapat digunakan sebagai bahan dasar bioplastik melalui proses gelatinisasi membentuk film yang stabil. Proses pembuatan bioplastik juga memerlukan bahan-bahan tambahan plasticizer yang dapat menghasilkan produk berkualitas. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penambahan sorbitol dan gliserol terhadap kualitas bioplastik, serta mengetahui formulasi yang tepat pembuatan pati bioplastik dari biji salak dan singkong. Metode yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan dua faktor, yaitu penambahan faktor pertama sorbitol (1, 2, dan 3 mL) dan faktor kedua penambahan gliserol (1, 2, dan 3 mL), setiap percobaan diulangi sebanyak tiga kali. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji sidik ragam pada jenjang nyata 0,05. Hasil yang diperoleh adalah variasi penambahan sorbitol dan gliserol sangat mempengaruhi karakteristik bioplastik. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji One-Way-ANOVA dengan nilai sig <0,05, yang berarti ada perbedaan hasil karakteristik bioplastik dari penggunaan sorbitol dan gliserol. Beberapa formulasi yang sesuai untuk menguji pembuatan biji salak dan singkong pati bioplastik adalah tahan air terbaik 96,19% menggunakan sorbitol plasticizer 2 mL, ketebalan terbaik 0,33 mm menggunakan sorbitol plasticizer 1 mL, kekuatan tarik terbaik 68,93 kg/cm2 menggunakan plasticizer gliserol 2 mL, pemanjangan terbaik 5,88% menggunakan plasticizer gliserol 3 mL.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratama, Benida Yesika Regita Putrijesicapratama9@gmail.comH71216022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFirdhausi, Nirmala FitriaNirmala_firdhausi@yahoo.com2025068501
Thesis advisorZummah, AtiqohAtiqohzummah77@gmail.com199111112019032026
Subjects: Biologi
Keywords: Plasticizer; sorbitol; gliserol; bioplastik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Benida Pratama
Date Deposited: 20 Aug 2020 14:49
Last Modified: 20 Aug 2020 14:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42946

Actions (login required)

View Item View Item