Etnobotani tumbuhan obat di Desa Taman Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan Provinsi Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istiqomah, Ani (2020) Etnobotani tumbuhan obat di Desa Taman Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan Provinsi Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ani Istiqomah_H01216005.pdf

Download (3MB)

Abstract

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan keanekaragaman hayati yang dimiliki. Berbagai macam jenis flora yang ada di Indonesia, beragam pula manfaatnya bagi manusia, diantaranya seperti sebagai bahan makanan, bumbu masakan, bahan bangunan, dan juga sebagai bahan obat. Obat tradisional banyak dimanfaatkan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia secara turun temurun hingga sekarang yang banyak terbukti secara ilmiah berkhasiat sebagai obat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tumbuhan yang biasa dimanfaatkan dan diolah sebagai obat oleh masyarakat Desa Taman Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan. Jenis peneltian ini mengunakan metode deskriptif eksploratif dengan melalui wawancara dari 15 responden di Desa Taman Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan. Dari hasil penelitian ditemukan 20 jenis tanaman dari 12 famili yang biasa dimanfaatkan masyarakat Desa Taman sebagai obat dan diolah secara tradisional dengan cara direbus, yaitu familiZingiberaceae, Euphorbiaceae, Myrtaceae, Lauraceae, Pandanaceae, Asteracea, Rubiacea, Lamiaceae, Poaceae, Fabaceae, Acanthaceae, Piperaceae. Tanaman obat yang paling banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Desa Taman yaitu pada famili Zingiberaceae. Bagian tumbuhan yang paling banyak digunakan yaitu daun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istiqomah, Anianiistiqomah.98@gmail.comH01216005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRokhim, Saikusaiku_rokhim_avicenna@yahoo.com2021128601
Thesis advisorBahri, Saifulsaiful200488@gmail.com2020048801
Subjects: Biologi
Keywords: Tumbuhan obat; etnobotani; obat tradisional.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Ani Istiqomah
Date Deposited: 21 Aug 2020 11:20
Last Modified: 21 Aug 2020 11:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42976

Actions (login required)

View Item View Item