Uji efektivitas ekstrak daun mangrove rhizophora mucronata sebagai pengawet alami pada ikan tongkol (Euthynnus Affinis) dan udang vannamei (Litopenaeus Vannamei)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Puspitasari, Pratiwi Dwi (2020) Uji efektivitas ekstrak daun mangrove rhizophora mucronata sebagai pengawet alami pada ikan tongkol (Euthynnus Affinis) dan udang vannamei (Litopenaeus Vannamei). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Pratiwi Dwi Puspitasari_H74216069.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ikan tongkol merupakan unit pengolahan hasil perikanan tertinggi di Indonesia, diikuti oleh komoditi udang. Meskipun memiliki kandungan gizi yang tinggi, namun ikan tongkol dan udang termasuk dalam bahan pangan yang cepat busuk dan memiliki umur simpan yang pendek. Pengawetan menggunakan zat aditif sintetis sering disalahgunakan masyarakat. Upaya untuk mengurangi penggunaannya menggunakan pengawet alternatif dari bahan alam yang mengandung senyawa antibakteri. Daun Rhizophora mucronata positif menunjukkan adanya senyawa metabolit sekunder yaitu golongan steroid dan flavonoid. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi ekstrak daun mangrove (Rhizophora mucronata) sebagai pengawet alami pada ikan tongkol dan udang vannamei pada suhu ruang berdasarkan pengujian organoleptik, pH, dan total mikroba. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan berbagai variasi konsentrasi. Berdasarkan uji organoleptik, pH, dan total mikroba menunjukkan ekstrak daun mangrove Rhizophora mucronata dapat mempertahankan kesegaran ikan tongkol selama 36 jam dengan konsentrasi optimum sebesar 30%, sedangkan pada udang vannamei dapat mempertahankan kesegaran udang selama 24 jam dengan konsentrasi optimum sebesar 20%. Penambahan ekstrak daun mangrove ini dapat meningkatkan nilai pH, namun masih berada pada ambang batas yang aman untuk hasil perikanan segar, serta mampu menekan pertumbuhan mikroba. Penggunaan daun mangrove Rhizophora mucronata mampu menjaga hasil perikanan dalam kondisi yang lebih segar dengan waktu kesegaran yang lebih lama pada suhu ruang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Puspitasari, Pratiwi Dwitiwipdk@gmail.comH74216069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMauludiyah, Mauludiyah-201409003
Thesis advisorMaisaroh, Dian Sarimaisaroh.ds@uinsby.ac.id198908242018012001
Subjects: Ilmu Kelautan
Keywords: Pengawet alami; Ekstrak daun Rhizophora mucronata; Variasi konsentrasi; Ikan Tongkol; Udang vannamei; Rhizophora mucronata.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Pratiwi Dwi Puspitasari
Date Deposited: 21 Aug 2020 08:03
Last Modified: 21 Aug 2020 08:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42985

Actions (login required)

View Item View Item