Pengaruh kompos kombinasi eceng gondok (eichornia crassipes), ampas tahu dan arang sekam terhadap pertumbuhan tanaman tomat (solanum lycopersicum l.)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Devilea, Volvo (2020) Pengaruh kompos kombinasi eceng gondok (eichornia crassipes), ampas tahu dan arang sekam terhadap pertumbuhan tanaman tomat (solanum lycopersicum l.). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Volvo Devilea_H71216070.pdf

Download (3MB)

Abstract

Salah satu kendala yang menjadi faktor pembatas dalam meningkatkan produksi tanaman tomat adalah kurangnya nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman. Kompos merupakan salah satu unsur yang dapat membentuk kesuburan tanah. Kompos berasal dari pelapukan sisa-sisa bahan organik secara biologis yang terkontrol menjadi bagian-bagian yang terhumuskan. Eceng gondok (Eichornia crassipes) merupakan salah satu tanaman yang dapat digunakan sebagai kompos dari bahan organik karena mengandung bahan organik yang dibutuhkan tanaman. Pemberian kombinasi kompos yang bervariasi akan menghasilkan pertumbuhan dan produksi tanaman yang berbeda. Ampas tahu, arang sekam merupakan limbah yang mengandung banyak bahan organik namun belum dimanfaatkan secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompos kombinasi eceng gondok (Eichornia crassipes), ampas tahu dan arang sekam terhadap pertumbuhan tanaman tomat (Solanum lycopersicum L.). Pembuatan kompos dilakukan menggunakan metode anaerob yang pengomposan tidak memerlukan bantuan oksgien. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan 4 kali pengulangan. Data perhitungan parameter pertumbuhan tanaman tomat dianalisis menggunakan uji Anova taraf (P>0,05) yang kemudian data di Hasil uji statistik pada setiap parameter menunjukkan nilai sig > 0.05. Hal tersebut menunjukkan bahwa kombinasi eceng gondok, ampas tahu dan arang sekam berpengaruh nyata pada pertumbuhan tanaman tomat. Hasil rata-rata tertinggi pada parameter tinggi tanaman dan jumlah daun terdapat pada P3 dengan kombinasi 50% Eceng Gondok, 30% Ampas Tahu dan 20% Arang Sekam, sedangkan rata-rata tertinggi pada parameter jumlah buah terdapat pada P1 yaitu dengan kombinasi 50% Eceng Gondok, 20% Ampas Tahu dan 30% Arang Sekam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Devilea, Volvovolvodevilea@gmail.comH71216070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFirdhausi, Nirmala Fitrianirmala_firdhausi@yahoo.com2025068501
Thesis advisorHidayati, Irulirulhidayati.alfatawi@gmail.com198102282014032001
Subjects: Biologi
Keywords: Ampas tahu; Arang sekam; Eceng gondok (eichornia crassipes); Kompos; Tomat (solanum lycopersicum l.)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Volvo Devilea
Date Deposited: 21 Aug 2020 12:51
Last Modified: 21 Aug 2020 12:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42997

Actions (login required)

View Item View Item