Uji aktivitas ekstrak etanol daun Mimba (Azadirachta indica A. Juss) terhadap bakteri Propionibacterium acnes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rufah, Mas (2020) Uji aktivitas ekstrak etanol daun Mimba (Azadirachta indica A. Juss) terhadap bakteri Propionibacterium acnes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel SUrabaya.

[img] Text
Mas Rufah_H71216035.pdf

Download (3MB)

Abstract

Peningkatan kasus akne vulgaris (jerawat) yang terjadi di Asia tenggara maupun di Indonesia setiap tahun mengalami kenaikan. Tingginya jumlah kasus yang semakin banyak juga mengalami peningkatan terhadap penggunaan antibiotik pada bakteri P. acnes yang menimbulkan resistensi. Pemanfaatan bahan alam sebagai pengganti antibiotik semakin banyak dilakukan untuk mengurangi jumlah resistensi pada antibiotik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan senyawa metabolit sekunder pada daun mimba dan kemampuan zona hambat ekstrak etanol daun mimba sebagai antibakteri terhadap bakteri Propionibacterium acnes dengan berbagai variasi konsentrasi. Jenis penelitian ini bersifat deskripsi eksperimental menggunkan rancangan acak lengkap (RAL) yang memiliki dua variabel yaitu variabel bebas dan terikat. Metode ekstraksi yang digunakan pada penelitian ini adalah maserasi dengan menggunakan pelarut etanol 96% dengan empat macam konsentrasi yaitu 75%, 80%, 85%, dan 90%. Adapun hasil uji skrining fitokimia secara kualitatif pada penelitian ini menghasilkan senyawa flavonoid, tanin, dan saponin. Hasil uji aktivitas antibakteri membuktikan bahwa berbagai konsentrasi ekstrak berpengaruh terhadap bakteri Propionibacterium acnes dengan adanya zona hambat yang terbentuk disekeliling kertas cakram. Pada ekstrak etanol mimba, zona hambat terkecil terdapat pada konsentrasi 80% dan 85% sebesar 4,3 mm. Sedangkan diameter zona hambat terbesar pada konsentrasi 90% dengan nilai 7 mm. Dari hasil penelitian mengindiksikan bahwa ekstrak etanol daun mimba memiliki aktivitas antibakteri terhadap pertumbuhan bakteri Propionibacterium acnes, sehingga dapat digunakan sebagai alternatif sebagai pengganti antibiotik yang lebih efektif dan memiliki efek samping yang lebih kecil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rufah, Masadityatirta06@gmail.comH71216035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHidayati, Irulirulhidayati.alfatawi@gmail.com198102282014032001
Thesis advisorTyastirin, Estiesty50@gmail.com2024068702
Subjects: Biologi
Keywords: Antibakteri; daun mimba; Propionibacterium acnes
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Mas Rufah
Date Deposited: 21 Aug 2020 06:57
Last Modified: 21 Aug 2020 06:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43011

Actions (login required)

View Item View Item