Analisis dampak kegiatan Ekowisata terhadap lingkungan di kawasan Konservasi Pantai Bangsring, kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mirsalila, Raisa (2020) Analisis dampak kegiatan Ekowisata terhadap lingkungan di kawasan Konservasi Pantai Bangsring, kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Raisa Mirsalila_H04216020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pantai Bangsring merupakan ekowisata berbasis konservasi yang berada di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi. Aktivitas wisata juga dapat memberikan ancaman terhadap kondisi lingkungan yang ada di kawasan yang akan dikembangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui upaya pengelolaan serta dampak aktivitas wisata terhadap kondisi lingkungan. Metode yang digunakan dalam analisis volume timbulan sampah dengan rumus asumsi. Perubahan luasan karang diketahui dengan melakukan pemetaan menggunakan citra landsat 8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya pengelolaan Pantai Bangsring menerapkan beberapa kebijakan/aturan; pelaku wisata dan pemandu (guide) melakukan kegiatan bersih pantai sebelum jam operasional, mengadakan kegiatan marine education, pembatasan jumlah pengunjung (±200 pengunjung/hari), himbauan kepada pengunjung untuk menggunakan jasa pemandu (guide) dalam melakukan aktivitas snorkling/diving, larangan untuk memancing dan mengambil ikan, menjaga kebersihan lingkungan, pedagang wajib melakukan bersih-bersih. Dampak aktivitas wisata mempengaruhi kondisi kebersihan lingkungan dengan volume sampah terbesar terjadi di tahun 2016 sebesar 459.630 liter/tahun dan mempengaruhi persentase tutupan ekosistem karang sebesar 48,3% (DCA) serta perubahan luasan karang rusak sebesar 19,26 Ha dan karang baik sebesar 8,54 Ha.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mirsalila, Raisaraisamirsalila825@gmail.comH04216020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSawiji, Asrisawiji.asri@uinsby.ac.id2026068701
Thesis advisorMaisaroh, Dian Sarimaisaroh.ds@uinsby.ac.id198908242018012001
Subjects: Lingkungan Hidup
Keywords: ekowisata; tutupan terumbu karang; konservasi.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: RAISA MIRSALILA
Date Deposited: 21 Aug 2020 12:38
Last Modified: 18 Sep 2020 07:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43019

Actions (login required)

View Item View Item