Uji aktivitas ekstrak kulit buah siwalan ( Borassus flabellifer) terhadap bakteri Escherichia coli

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Iksani, Mohammad Febri (2020) Uji aktivitas ekstrak kulit buah siwalan ( Borassus flabellifer) terhadap bakteri Escherichia coli. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Febri Iksani_H01216014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Di kabupaten Tuban banyak terdapat tanaman siwalan (Borassus flabellifer) yang masih kurang pemanfaatannya, sehingga memanfaatkan kulit limbah buah siwalan (Borassus flabeliffer) sebagai antibakteri jenis Bakteri Escherichia coli serta untuk mengurangi pemakaian antibiotik yang berlebihan atau tidak rasional mengakibatkan resisten pada tubuh manusia, Resistensi merupakan kemampuan bakteri dalam menetralisir dan melemahkan daya kerja antibiotik. Masalah resistensi berdampak pada morbiditas dan mortalitas, sehingga mengganggu sistem kerja antibodi pada tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan Fitokimia dari ekstrak kulit buah siwalan dan aktivitas uji antibakteri Escherichia coli. Jenis penelitian ini menggunakan deskripsi eksperimental laboratorium dengan menggunakan RAL (Rancangan Acak Lengkap). Variabel bebas dalam penelitian ini menggunakan konsentrasi ekstraksi kulit buah siwalan 25%,50%,75%,100%, sedangkan variabel terikat adalah zona hambat. Dari uji fitokimia didapatkan kandungan flavonoid alkaloid dan saponin. Hasil penelitian menunjukkan zona hambat yang dihasilkan dari yang terkecil pada konsentrasi 75% dengan diameter 1 mm dan yang terbesar pada konsentrasi 100% dengan diameter 3 mm.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Iksani, Mohammad Febrifebriihsani38@gmail.comH01216014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHidayati, Irulirulhidayati.alfatawi@gmail.com.198102282014032001
Thesis advisorTyastirin, Estiesty50@gmail.com2024068702
Subjects: Biologi
Keywords: Antibakteri; kulit buah siwalan; Escherichia coli.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Mohammad Febri
Date Deposited: 24 Aug 2020 04:44
Last Modified: 24 Aug 2020 04:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43021

Actions (login required)

View Item View Item