Penafsiran Athar as-Sujud dalam Tafsir al-Maraghi, Fi Z}ilalil Qur’an, dan al-Misbah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Devi, Maulida Rosinta (2020) Penafsiran Athar as-Sujud dalam Tafsir al-Maraghi, Fi Z}ilalil Qur’an, dan al-Misbah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maulida Rosinta Devi_E93216127.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas penafsiran athar as-sujuddalam surat al-Fath} ayat 29, yang masih menjadi perbedaan pandangan dalam masyarakat. Athar as-sujudmemilik arti secara konteks adalah bekas sujud. Ada perbedaan pendapat dalam mengartikan kata tersebut, sebagian orang mengartikan secara abstrak (ma’nawi), ada juga yang mengartikan secara konkret (h}issi). Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana penafsiran athar as-sujud dalam tiga tafsir karya ulama’ berpengaruh dalam penelitian tafsir, yakni dalam kitab tafsir al-Maragi karya Ahmad Musthafa al-Maraghi, tafsir Fi Z}ilalil Qur’an karya Sayyid Quttub, dan tafsir al-Misbah karya M. Quraish Shihab. Dalam penelitian ini juga menjelaskan implikasi sujud dalam kesehatan yang seringkali tidak disadari oleh umat Islam sendiri. Point yang didapatkan dari penelitian ini adalah makna dan penafsiran dari kata athar as-sujud dalam tiga kitab tafsir, juga menjelelaskan tentang metodologi dan corak dari tiga kitab tafsir tersebut. dalam penelitian ini juga menyertakan teori dan implikasi sujud dalam kesetahan. Dalam penelitian ini, menjelaskan athar as-sujud berdasarkan metode tahlili, yang mana menyertakan mufrodat, munasabah, kemudian menjelaskan tentang penafsirannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Devi, Maulida Rosintamaulidarosintadevi@gmail.comE93216127
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbdul, Djalala_djalal@yahoo.co.id2020097004
Thesis advisorBusi, Ichwayudib.ichwayudi@uinsby.ac.id2016047602
Subjects: Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Athar as-Sujud; Tahlili; Tafsir.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Maulida Rosinta Devi
Date Deposited: 22 Aug 2020 06:17
Last Modified: 22 Aug 2020 06:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43068

Actions (login required)

View Item View Item