Peningkatan pemahaman materi peristiwa menjelang dan Sesudah pembacaan teks proklamasi melalui metode Role Paying pada siswa Kelas V-B MI Islamiyah Sumberwudi Karanggeneng Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sho'idah, Maziyatus (2020) Peningkatan pemahaman materi peristiwa menjelang dan Sesudah pembacaan teks proklamasi melalui metode Role Paying pada siswa Kelas V-B MI Islamiyah Sumberwudi Karanggeneng Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maziyatus Sho'idah_D97216061.pdf

Download (2MB)

Abstract

Minimnya Pemahaman yang didapatkan siswa serta keaktifan siswa dalam proses pembelajaran menjadi latar belakang adanya penelitian ini. Hal tersebut dilihat dari hasil nilai ulangan pada pembelajaran Tematik materi IPS masih banyak siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM. Dikarenakan pada saat proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah saja. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan metode role playing. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana penerapan metode role playing dalam meningkatkan pemahaman materi Peristiwa Menjelang dan Sesudah Pembacaan Teks Proklamasi pada siswa kelas V-B di MI Islamiyah Sumberwudi Karanggeneng Lamongan? 2) Bagaimana Peningkatan Pemahaman siswa setelah penerapan metode role playing materi Peristiwa Menjelang dan Sesudah Pembacaan Teks Proklamasi pada siswa kelas V-B di MI Islamiyah Sumberwudi Karanggeneng Lamongan? Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahap disetiap siklusnya. Penelitian ini dilaksanakan di MI Islamiyah Sumberwudi Lamongan pada siswa kelas V-B yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes tulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode pembelajaran role playing dapat meningkatkan aktivitas guru dengan perolehan nilai 54.42 (kurang) pada siklus I menjadi 93,05 (Sangat Baik) pada siklus II. Perolehan aktivitas siswa pada siklus I meningkat dari 55,88 (Kurang) menjadi 88,88 (Baik) pada siklus II. 2) Peningkatan pemahaman siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 70,05 (Cukup) meningkat menjadi 78,76 (cukup) pada siklus II. persentase ketuntasan belajar pada siklus I meningkat dari 58,82% (Kurang) menjadi 88,23% (Baik) pada siklus II. berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan, tindakan perbaikan dengan metode role playing

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sho'idah, Maziyatusmaziyatus23@gmail.comD97216061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir_uban@yahoo.com2022076802
Thesis advisorTaufik, TaufikTaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Peningkatan Pemahaman; Materi Peristiwa Menjelang dan Sesudah Pembacaan Teks Proklamasi; Metode Pembelajaran Role Playing.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maziyatus Sho'idah
Date Deposited: 22 Aug 2020 04:50
Last Modified: 22 Aug 2020 04:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43084

Actions (login required)

View Item View Item