Implementasi PSAK 112 pada nazhir Universitas Airlangga

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islamiyah, Ucik Nadiyatul (2020) Implementasi PSAK 112 pada nazhir Universitas Airlangga. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ucik Nadiyatul Islamiyah_G02216023.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana penerapan PSAK 112 pada Nazhir Universitas Airlangga dan bagaimana kendala yang dihadapi pada PSAK 112 di Nazhir Universitas Airlangga. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam pengumpulan data melibatkan beberapa pegawai Nazhir Universitas Airlangga. Hasil dari penelitian yang diperoleh adalah Nazhir Universitas Airlangga sudah menerapkan laporan keuangan sesuai dengan PSAK 112 pada pengakuan, pengukuran, penyajian yang mencakup laporan posisi keuangan, laporan rincian aset, dan laporan arus kas. Akan tetapi, pada laporan aktivitas dan catatan atas laporan keuangan belum sepenuhnya menerapkan yang sesuai dengan PSAK 112. Kendala yang dialami oleh nadir adalah laporan keuangan yang hanya menggambarkan hasil yang diperoleh oleh nadir dalam pengembangan dana wakaf dan PSAK 112 belum mencerminkan sisi manfaat sosial dana wakaf tersebut. Nazhir Universitas Airlangga merupakan lembaga yang bersifat sosial yang mengandalkan kepercayaan pada masyarakat. Dengan begitu, diharapkan nadir dapat mencantumkan penyaluran manfaat yang telah dilaksanakan dengan melengkapi laporan keuangan yang sesuai dengan PSAK 112 serta menerapkan sepenuhnya pada mengungkapan yang sesuai dengan PSAK 112. Menjaga konsistensi dalam penamaan akun laporan keuangan agar pengguna laporan keuangan dapat lebih mudah untuk dipahami.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islamiyah, Ucik Nadiyatulucinadiya@gmail.comG02216023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBuchori, Imamibe@uinsby.ac.id2026096801
Subjects: Akuntansi
Keywords: PSAK 112; Nazhir
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Ucik Nadiyatul Islamiyah
Date Deposited: 22 Aug 2020 02:23
Last Modified: 22 Aug 2020 02:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43094

Actions (login required)

View Item View Item