Pengaruh metakognitif pada mata pelajaran qur’an hadits terhadap hasil belajar siswa kelas Tahfid di MTS Negeri 3 Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Insi, Karimiyah (2020) Pengaruh metakognitif pada mata pelajaran qur’an hadits terhadap hasil belajar siswa kelas Tahfid di MTS Negeri 3 Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Insi Karimiyah_D91216101.pdf

Download (2MB)

Abstract

IPenelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan dalam rumusan masalah berikut ini: (1) Bagaimana metakognitif siswa kelas tahfid pada mata pelajaran Qur’an Hadist di MTsN 3 Mojokerto? (2) Bagaimana hasil belajar mata pelajaran Qur’an Hadist siswa kelas Tahfid di M TsN 3 Mojokerto? (3) Bagaimana pengaruh metakognitif siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadist terhadap hasil belajar siswa kelas tahfid di MTsN 3 Mojokerto? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi yang berjumlah 75 siswa, dan penelitian kali ini merupakan penelitian populasi sehingga tidak ada teknik sampling yang digunakan. Penelitian ini berlokasi MTsN 3 Mojokerto, Bangsal, Mojokerto. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana.. Adapun hasil dalam penelitian ini adalah (1) Dari hasil angket 75 responden metakognitifnya beragam yakni dua siswa berada pada dimensi tacit use, 31 siswa berada pada dimensi aware use, empat siswa berada pada dimensi strategic use, 31 lainnya ada pada dimensi reflective use. Dua dan lima siswa berada pada dimensi semistrategic use dan semireflectif use. (2) Dari hasil belajar rapot semester gasal ditemukan bahwa hasil belajar siswa kelas tahfid pada mata pelajaran Qur’an Hadist baik yakni dibuktikan dengan rata-rata nilai seluruh siswa kelas tahfid adalah 84,173. (3) Hasil rangkaian uji asusmsi yang kemudian dianalisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metakognitif siswa terhadap hasil belajaranya pada mata pelajaran Qur’an Hadist. Dibuktikan oleh uji regresi linear sederhana yang menunjukkan signifikansi sebesar 0,046 < 0,05 yang artinya varaiabel X (metakognitif) berpengaruh terhadap variabel Y (hasil belajar).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Insi, Karimiyahkarimiyahinsi@gmail.comD91216101
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAhmad, Zainizainiazami@yahoo.com2012057001
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Pengaruh; Metakognitif; Hasil Belajar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Insi Karimiyah Azhari
Date Deposited: 27 Aug 2020 01:55
Last Modified: 27 Aug 2020 01:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43099

Actions (login required)

View Item View Item