Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak usia 3-4 tahun di PG Mamba'ul Hisan Surabay

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lisfiana, Nur Laili (2010) Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak usia 3-4 tahun di PG Mamba'ul Hisan Surabay. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lisfiana Nur Laili_D98216067.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi olehketertarikan terhadap upaya guru dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak usia 3-4 tahun. Dan proses yang dijalani oleh seorang guru dalam mengajarkan kemampuan menulis permulaan pada anak, disamping itu berharap akan dapat mengembangkan kemampuan menulis permulaan anak usia 3-4 tahun. Rumusan masalah dari penelitian ini ialah: 1) mengetahui proses upaya guru dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak usia 3-4 tahun di PG Mamba’ul Hisan Surabaya, 2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat proses upaya guru dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan di PG Mamba’ul Hisan Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif menggunakan metode pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas PG 1. Teknik penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Triangulasi data dilakukan dengan cara membandingkan data hasil pengamatan, hasil wawancara, dan melakukan pemeriksaan ulang sumber data dan subjek peneliti lain. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: upaya guru dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak usia 3 – 4 tahun yaitu terdapat tiga upaya yang diterapkan yaitu menggunakan prinsip pengulangan, prinsip penguatan, menggunakan metode penerapan dalam menulis yang tepat meliputi: a) Latihan memegang pensil, b) Latihan menggerakan tangan, c) Latihan mengeblet, d) Latihan menghubungkan titik- titik huruf atau angka, e) Latihan menatap bentuk tulisan. Faktor pendukung adalah media yang digunakan berupa papan tulis, crayon, pensil, buku LKS, hingga pasir. Media tersebut membantu guru dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak. faktor penghambat yang dihadapi guru ditemukan tiga masalah diantaranya kondisi emosional anak yang tidak menentu, kerjasama orang tua dan guru, dan kondisi kelas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lisfiana, Nur Lailinurlaililisfiana@gmail.comD98216069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Subjects: Anak
Pendidikan Islam
Keywords: guru; kemampuan menulis permulaan .
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Lisfiana Nur Laili
Date Deposited: 23 Aug 2020 04:15
Last Modified: 23 Aug 2020 04:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43113

Actions (login required)

View Item View Item